kenapa mesin diesel kasar

Sudah bukan rahasia lagi jika kebanyakan masyarakat bahkan mungkin semua orang telah memberikan "cap" kepada mesin diesel sebagai mesin yang kasar dan kurang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan mesin bensin. Tak salah memang jika pendapat seperti itu yang digunakan karena mesin diesel pada umumnya seperti itu, tapi tak banyak yang tau alasan sebenarnya kenapa mesin diesel kasar suaranya. Saya akan sedikit menjelaskan alasannya dan beberapa hal tentang mesin diesel disini.

https://kendhou.blogspot.co.id/2018/02/kenapa-mesin-diesel-kasar.html

Ada dua istilah populer yang tersemat pada mesin diesel jika kita mencari tahu lebih jauh dan hal ini telah banyak diinformasikan di website maupun blog yang memiliki topik otomotif dan mesin diesel. Ada istilah Self Ignition Engine yang berarti mesin dengan pembakaran mandiri. Ini dikarenakan mesin diesel memiliki sistem kerja dimana bahan bakar yang diinjeksikan harus bersifat dapat terbakar sendiri.

Lalu ada istilah Compression Ignition Engine atau mesin yang terbakar oleh kompressi. Penjelasannya adalah mesin yang penyalaan bahan bakarnya disebabkan oleh suhu panas kompresi udara dalam ruang bakar mesin. Sangat berbeda dengan mesin bensin yang membutuhkan busi pemantik yang memberikan percikan api listrik untuk dapat menyalakan bahan bakar sehingga disebut sebagai Spark Ignition Engine.

Sebagaimana saya tuliskan di atas, mesin diesel membakar solar yang disuntikkan ke dalam ruang bakar memanfaatkan suhu panas kompresi udara di dalamnya. Sistem kerja diesel menganut prinsip kerja Hukum Charles yaitu ketika udara dikompresi maka suhunya akan meningkat. Rasio kompresi yang dimiliki oleh mesin diesel adalah 1;15 sampai dengan 1:22. Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan mesin bensin yang memiliki rasio kompresi 1:6 sampai dengan 1:12.

Disinilah akhirnya alasan kenapa suara mesin diesel kasar dan lebih berisik dari mesin bensin terjawab. Kompresi yang tinggi sebagai syarat utama proses pembakaran menghasilkan ledakan yang jauh lebih besar daripada pembakaran mesin bensin, hal inilah yang mengakibatkan suara mesin diesel kasar dan berisik serta getaran khasnya.

Tetapi tidak selalu suara kasar pada mesin diesel adalah hal yang wajar, karena ada beberapa suara kasar yang berbeda dengan karakteristik asli mesin diesel dan harus segera ditindak lanjuti agar tidak ada kerugian yang lebih besar nantinya. Untuk diagnosa suara kasar yang terjadi dapat sobat lihat-lihat lagi di artikel-artikel yang lebih dulu saya posting dalam blog ini.

Tapi dengan semakin majunya teknologi yang turut menyentuh sektor otomotif, memberikan dampak yang cukup signifikan pada hasil akhir dari sistem kerja mesin diesel. Berawal dari diadopsinya Turbocharger bahkan sebagian ditambahkan dengan Supercharger, lalu berlanjut ke bagian Pompa Injeksi yang menggunakan teknologi Common Rail membuat suara mesin diesel menjadi jauh lebih halus dan dapat mengurangi getaran yang ditimbulkan. 

Semua teknologi baru pada mesin diesel diatas mampu mendongkrak tenaga mesin diesel yang sudah terkenal tangguh dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, bayangkan saja mesin diesel yang memang sudah terkenal irit kini menjadi lebih irit lagi, harga bahan bakar solar pun masih lebih murah dibandingan bensin. Terlebih lagi sistem peredaman pada dudukan mesin hingga kabin kendaraan diesel saat ini telah lebih dimaksimalkan sehingga membuat mesin diesel kian menjauh dari predikat minus lamanya.

Beberapa contoh mobil bermesin diesel yang dapat memberikan kenyamanan tapi tetap tangguh dan bertenaga dapat sobat baca di artikel tentang mobil-mobil diesel terbaik yang pernah saya posting sebelumnya di blog kecil ini. Semoga apa yang saya tuliskan pada artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "kenapa mesin diesel kasar"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel