Mesin diesel susah dihidupkan

Mesin diesel duduk sering juga disebut sebagai mesin diesel engkol, mesin dompeng (sepertinya nama ini diambil dari kata dong feng, salah satu merk dari produsen mesin diesel keluaran negeri tirai bambu China) dan mesin diesel satu silinder. Pada edisi kali ini, saya akan membahas tentang mesin diesel susah dihidupkan pada mesin jenis ini karena masih banyak penggunanya sebut saja untuk traktor / bajak sawah ukuran kecil, kompressor angin, pembangkit listrik pedesaan, mesin penyedot pasir hingga untuk pengairan sawah.

http://kendhou.blogspot.co.id/2018/02/mesin-diesel-susah-dihidupkan.html
Merk yang paling terkenal dari mesin diesel jenis ini adalah Yanmar dan Kubota sebagai pemain lama dan memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan lagi karena kedua nama tadi merupakan pabrikan asal negeri matahari terbit Jepang . Kemudian bermunculan merk-merk lain dari China seperti Dong Feng, Da Feng, Jiang Dong, Jiang Yang, Tian Li, Yin Tian dan masih banyak lagi nama-nama lainnya. Dong Feng terlebih dahulu bermain di segmen ini disusul yang lainnya seiring bertambahnya permintaan pasar.

Kembali ke topik pembahasan kita... Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika mesin susah dihidupkan ketika sedang dibutuhkan termasuk mesin diesel duduk. Tukang tambal ban akan kebingungan ketika tidak bisa mengisi tabung angin, masyarakat pedesaan yang belum terjamah listrik dari PLN pun akan merasakan hal yang sama ketika mesin diesel pembangkit listrik satu-satunya tidak bisa dihidupkan dan seterusnya.

Apa penyebab-penyebabnya???

1. Berkurangnya kompresi mesin

Mesin diesel adalah mesin Self Combustion (pembakaran sendiri) dan disebut juga Self Ignition Engine. Yang berarti bahwa mesin diesel tidak menggunakan busi seperti pada mesin bensin dikarenakan kompresi yang sangat tinggi pada ruang bakar menghasilkan suhu panas diatas batas normal yang sanggup membakar bahan bakar yang dikabutkan oleh Nosel (langkah penginjeksian).

Jika kepadatan kompresi pada ruang bakar mesin tidak memenuhi syarat maka proses hidup akan menjadi susah. Hal ini bisa disebabkan oleh

* Adanya kebocoran pada Klep.
* Ring Piston, Piston dan atau boring / Liner yang sudah aus.

2. Nosel

Mesin diesel bisa menjadi susah hidup jika nosel tidak dapat mengabutkan bahan bakar dengan sempurna atau bisa juga karena bertekanan terlalu rendah dan sebaliknya (terlalu tinggi). Pemeriksaan yang termudah adalah dengan memasangkan nosel pada selang di luar Silinder head atau Deksel untuk melihat hasil penyemprotannya. Akan lebih memuaskan jika diperiksakan ke mekanik yang memiliki Nosel Tester dan ahli di bidang ini.

Nosel sebaiknya (seharusnya) diganti jika dalam keadaan macet, tetap ngencing (tidak bisa mengabutkan bahan bakar) meski sudah di bersihkan.


Plunger yang sudah lemah tidak dapat memompakan bahan bakar ke dalam Nosel untuk diinjeksikan ke dalam ruang bakar dengan sempurna. Jika hal ini terjadi maka akan sangat sulit menghidupkan mesin diesel. Jika terpaksa dan herus dihidupkan untuk kebutuhan mendesak bisa memancing dengan Oli mesin, solar, minyak tanah atau bensin (dikucurkan secukupnya pada manifold).

Ada 2 cara dalam hal ini
* Buka tutup filter udara lalu tuangkan secukupnya
* Jika ada lobang kecil pada manifold, bisa langsung menuangkan ke dalamnya tanpa membuka tutup filter udara

Catatan : Jangan terlalu sering menggunakan metode ini apalagi bila memakai bensin sebagai materi pemancingnya, dapat mempercepat kerusakan mesin. Lekas perbaiki pompa injeksi.

4. Masuk angin

Adanya angin palsu yang masuk ke dalam bahan bakar juga dapat mengganggu proses penghidupan mesin diesel. Periksa semua jalur bahan bakar dari tangki hingga pompa injeksi. Lakukan bleeding sampai angin benar-benar hilang.

Itulah penyebab-penyebab susahnya mesin diesel dihidupkan. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat yang sedang membaca dan mereka yang mengalami kesulitan serupa pada mesin dieselnya.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Mesin diesel susah dihidupkan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel