Rembesan solar pada injeksi PS

Pada daftar postingan lama, saya sudah pernah menerbitkan artikel mengenai topik yang serupa dengan topik kita kali ini, jika pada artikel tersebut saya membahas tentang macam - macam rembesan solar pada pompa injeksi secara umum maka pada postingan ini saya lebih memfokuskan tentang beberapa area rembesan solar pada injeksi ps 100/120/135 Colt Diesel dari Mitsubishi.

https://kendhou.blogspot.co.id/2018/02/rembesan-solar-pada-injeksi-ps.html

Pada gambar diatas, saya berikan tanda-tanda panah berwarna kuning. itu adalah bagian-bagian yang paling sering terjadi rembesan bahan bakar yaitu solar. Untuk lebih mudah akan saya jelaskan lebih detail pada keterangan di bawah ini...

1. Rembesan pada Pompa

Ada beberapa bagian yang bisa menjadi celah bagi solar untuk merembes keluar. Cek semua baut nepel, paling sering terjadi pada bagian ini disebabkan oleh O ring yang sudah rusak. Lalu O ring kuningan/tembaga pada pompa dan sambungan untuk nepel, gunakan kunci pas 19mm untuk membukanya.

Terakhir adalah pompa itu sendiri, jika sudah ada solar yang merembes dari alat yang satu ini maka segera lakukan penggantian. Kisaran harganya adalah 70.000 sampai dengan 200.000 tergantung merk pompa yang digunakan.

2. Semua nepel solar yang ada pada pompa injeksi, ini juga berlaku untuk nepel yang terpasang pada filter solar (atas maupun bawah). O ring rusak adalah penyebab utamanya, jika masih ada rembesan setelah dilakukan penggantian pada O ring, periksa selang-selang karena ada kemungkinan cacat pada bibir lobang solar yang berhubungan dengan O ring.

3. Holder

Ada 2 bagian yang memiliki celah rembesan pada holder, yang pertama adalah bagian pangkal yang berhubungan langsung dengan pompa injeksi. Jika rembesan solar terjadi pada bagian ini gunakan kunci ring 22mm untuk membuka holder kemudian ganti karet O ring holder.

Bagian selanjutnya adalah ujung holder yang berhubungan dengan selang nosel. Gunakan kunci 17mm untuk melepaskan selang nosel. Biasanya selang terpasang kurang kencang, jika setelah dikencangkan masih terdapat rembesan solar maka gunakan ring khusus (berbentuk mangkuk) untuk dipasangkan diantara holder dan selang nosel. Cara ini juga berlaku untuk selang nosel yang berhubungan langsung dengan nosel.

4. Selang karet, selang yang terpasang pada nepel out, pembuangan nosel dan selang besi dari dan ke tangki juga cukup sering menjadi tempat rembesan solar. Penyebabnya bisa bermacam-macam, selang yang sudah keras, pecah dan kurang kuatnya klam selang.

5. Bagian ini sangat jarang ditemui bahkan dari awal saya belajar tentang perbaikan pompa injeksi sampai saat ini, baru satu kali saya menemui rembesan solar yang keluar dari daerah ini. Baut L yang berada di depan pompa injeksi di samping tutup as control rack.

https://kendhou.blogspot.co.id/2018/02/rembesan-solar-pada-injeksi-ps.html

Buka menggunakan kunci L10 (bukan 10mm ya, tapi untuk baut berukuran 17 / 19 mm), gunakan solatip pada drat baut sebelum pemasangan. Hal ini pernah saya alami juga terjadi pada Colt Diesel Canter.

Baca juga

Cukup sampai disini apa yang dapat saya jelaskan pada postingan mengenai rembesan solar pada injeksi ps 100/120/135 kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat-sobat pembaca dan...
Salam Pintar....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Rembesan solar pada injeksi PS"

  1. Ilmunya Berguna Thanks ya
    Jangan Lupa Berkunjung
    https://www.gumlad.ml

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, maaf situsnya tidak bisa diintip... coba diperiksa kembali sob

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel