Cara mudah membuat privacy policy blog

Sebenarnya masih banyak blogger yang belum tahu tentang Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service. Meskipun tidak diharuskan memasangnya pada blog, tetapi akan lebih baik jika sebuah blog telah memilikinya. Bahkan pihak Google sendiri sangat menyarankan untuk menggunakannya karena blog atau website akan terlihat lebih profesional dan lebih meyakinkan. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang apa itu Privacy Policy dan cara mudah membuat privacy policy blog yang bisa sobat terapkan.

Apa itu Privacy Policy?

Privacy Policy adalah dokumen atau penyataan hukum yang menjelaskan kepada pengunjung atau pembaca blog, tentang bagaimana pengelola blog mengumpulkan, mengelola dan menggunakan informasi yang didapat dari visitor. Bisa dikatakan Privacy Policy adalah sebuah kebijakan yang dibuat oleh pemilik atau pengelola blog / website untuk diberlakukan dalam sebuah blog. Berfungsi untuk menunjukkan keseriusan sebuah blog dalam pengelolaan dan pengembangannya.

Dengan adanya privacy policy dalam sebuah blog, pengunjung akan lebih mudah untuk melihat informasi mengenai blog dan sang pemilik. Inilah alasan kenapa Google sangat menganjurkan agar pemilik blog memasangnya, khususnya bagi pemilik blog dengan niche bisnis, blog untuk bisnis online apalagi blog yang dijadikan penayang iklan dari Google Adsense ataupun jaringan periklanan lainnya.

Beberapa isi dari privacy policy adalah sebagai berikut:
* Info Contact
* Log Files
* Cookies and Web Beacons
* DoubleClick DART Cookie
* Advertising Partners
* Third Party Privacy Policies
* Children's Information
* Online Privacy Policy Only
* Consent dan
* Update

Bagaimana cara membuatnya?

Sebelum sobat membuat Privacy Policy, pastikan sudah memiliki halaman Contact Us di halaman blog sobat. Jika sudah ada, sekarang sobat bisa langsung mengerjakan langkah-langkah pembuatan Privacy Policy untuk blog kesayangan sobat.

1. Ada beberapa situs penyedia pembuatan privacy policy secara online, salah satunya adalah yang akan kita gunakan pada , masuk ke situs Privacy Policy Online.

2. Pada halaman situs yang terbuka, isikan semua kolom yang disediakan. Isikan judul situs / blog sobat, alamat blog, link halaman contact us, dan alamat email sobat. Pada bagian advertisers on your site, isikan penyedia iklan yang sobat gunakan pada blog.
https://kendhou.blogspot.co.id/2018/03/cara-mudah-membuat-privacy-policy-blog.html

3. Pada bagian bawah form, Klik Generate Policy

4. Akan terbuka jendela baru yang berisikan Privacy Policy milik blog / situs yang sobat daftarkan tadi. Itulah halaman privacy policy yang akan tampil di dalam blog sobat ketika pengunjung membuka. Gulir ke bawah lalu klik Generate HTML for this page.
https://kendhou.blogspot.co.id/2018/03/cara-mudah-membuat-privacy-policy-blog.html

5. Setelah HTML jadi, biarkan saja terlebih dahulu.

6. Buka halaman administrator blog sobat, buat sebuah halaman baru beri judul apa saja (kalau boleh kasih saran, beri judul Privacy Policy). Copy HTML hasil generate tadi lalu paste di bagian HTML halaman, jangan salah ya... HTML, bukan yang Compose... lalu Publikasikan

Selamat!!!
Sekarang sobat telah memiliki halaman Privacy Policy, tinggal dibuatkan menu navigasi untuk halaman ini seperti yang terlihat pada bagian bawah (footer) blog kecil ini. Cukup mudah bukan?
Akhirnya, selesai sudah pembahasan mengenai Privacy Policy dan cara membuatnya yang dapat saya tuliskan pada artikel ini, semoga bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mudah membuat privacy policy blog"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel