Cara mengatasi sidebar blogger yang turun

Template sebuah blog akan terlihat bagus dan menarik jika sudah diatur dengan benar, bahkan sebagian blogger memodifikasinya kembali sehingga terlihat lebih unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Akan sangat mengganggu jika ada bagian yang tidak tampil dengan seharusnya, dan hal itu akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung saat membaca isi halaman sebuah blog tentunya. Salah satu contoh adalah tampilan sidebar yang berada tidak pada tempatnya. Kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi sidebar blogger yang turun atau pindah ke bawah postingan.

https://kendhou.blogspot.co.id/2018/03/mengatasi-sidebar-blogger-yang-turun.html
Bukan hal yang baru lagi jika ada yang mengalami pindahnya widget sidebar ke bagian bawah template dari sebuah blog. Karena memang tak sedikit blogger yang pernah mengalami kejadian yang cukup membuat pusing ini, salah satunya adalah saya. Yang saya alami adalah sidebar tetap di posisi sebelah kanan, tetapi semua widget "nongkrong" di bagian paling bawah dari template yaitu di bawah Footer alias keluar dari kotak yang tersedia pada template blog saya (perhatikan gambar diatas paragraf ini).
Bagaimana solusinya?

Sebelum kita mencoba untuk mencari jawaban tentang solusi dan memperbaikinya, alangkah lebih baik lagi jika kita tambahkan sebuah pertanyaan yang lebih tepat sebelum itu...
Kenapa Sidebar blog bisa berpindah tempat ke bawah artikel?

1. Ukuran sidebar yang terlalu besar

Sebuah template terdiri dari beberapa Wrapper ( pada kamus KBBI diartikan sebagai pembungkus atau sampul) yang berfungsi menjadi "wadah" dari elemen-elemen pengisi sebuah blog. Ada Outer Wrapper, Header Wrapper, Main Wrapper / Post Wrapper, Sidebar Wrapper dan Footer Wrapper.

Karena yang kita bahas adalah Sidebar (wrapper) maka yang harus kita periksa adalah semua yang berhubungan dengan sidebar. Periksa semua hal yang menggunakan ukuran...

> Ukuran Sidebar Wrapper : Periksa di HTML template blog, karena letaknya berdampingan dengan Main wrapper maka atur kombinasi ukuran Sidebar dan Main tidak melebihi ukuran dari Outer wrapper.

> Ukuran gambar (banner) pada widget sidebar terlalu besar atau tidak responsive
> Pengaturan lebar widget yang terlalu besar

2. Kesalahan kode / error pada HTML template blog

> Salah penempatan kode <div class='clear'/>. Coba periksa kode <div id="sidebar-wrapper"> jika ada kode <div class='clear'/> diatasnya (tepat sebelum div id), coba hapus kode tersebut.

> Ada kode / script yang tidak tertutup dengan benar.

> Script yang terpotong atau kurang lengkap

3. Postingan error

Ingat-ingat kembali, jika sidebar menjadi error setelah memposting sebuah artikel. Periksa kembali artikel tersebut pada bagian HTML (bukan compose). Perbaiki kode yang salah/error, atau hapus pemformattan (bagian atas sebelah kanan halaman compose, huruf T dengan tanda silang). Jika tampilan sidebar error, hapus postingan terakhir.

Hal ini juga bisa terjadi pada postingan hasil Copy Paste dari MS Word, karena adanya ketidak cocokan kode hasil MS Word pada template blog.

Pada kasus saya

Sidebar dapat terlihat dengan normal pada halaman Homepage dan tampak seperti biasanya, tapi ketika membuka sebuah halaman artikel sidebar tiba-tiba hilang dan dan setelah saya scroll terus ke bawah ternyata semua widget telah berpindah ke bawah footer blog.

Saya periksa tampilan yang berbeda antara homepage dan postingan. Saya temukan bahwa ada iklan di bawah artikel dari ******** yang hanya muncul saat kita membuka postingan. Saya mengambil kesimpulan ada kode script yang error pada HTML template blog saya pada bagian postingan karena kebetulan saya mengotak atik beberapa bagian template sebelum error terjadi.

Setelah saya periksa bagian bawah posting ( <data:post.body/> ) ternyata benar, ada script salah satu iklan yang terpotong sebagian dan masuk di ruang ( <div>...</div> ) untuk iklan yang lain. Saya hapus potongan script yang tertempel, Simpan Tema / Template dan Jreng jreng... Sidebar sudah pulang kembali ke habitatnya. Done...

Itulah yang dapat saya bagikan tentang cara mengatasi sidebar blogger yang turun, plus dengan pengalaman pribadi saya mengenai hal ini. Semoga bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengatasi sidebar blogger yang turun"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel