Jingling auto visitor dan cara mengatasinya

Belum terlalu lama saya mengenal istilah Jingling dalam dunia blogging yang ternyata sudah saya jalani beberapa tahun, ini adalah sebuah hal yang harus saya tahu. Berawal dari sebuah thread di dalam blog forum besar yang sudah dikenal banyak blogger indonesia Juragan Cipir. Saya langsung "berangkat" mengunjungi blog-blog yang telah terlebih dahulu membahas tentang Jingling auto visitor dan cara mengatasinya atau menangkalnya.
Dari thread yang saya maksudkan diatas, saya memiliki pandangan bahwa jingling lebih banyak membawa kerugian dari pada manfaat untuk kita sebagai blogger. Beberapa blog yang saya kunjungi sedikit banyak telah membuka pemahaman bagi saya mengenai hal ini, dan di bawah ini adalah penjelasan dari berbagai referensi yang dapat saya rangkum agar kita sama-sama dapat mengerti tentang jingling dan dapat terhindar dari efek buruk yang ditimbulkannya.

APA ITU JINGLING

Jingling adalah software atau tool yang berasal dari China. Sebuah tool blackhat SEO yang digunakan untuk memberikan visitor dalam jumlah yang banyak dari berbagai negara hanya dalam hitungan menit saja dan bertujuan untuk menaikkan pagerank blog / website di Search Engine dengan mudah.

Tool ini bekerja dengan cara mengumpulkan ip dari banyak negara dan menjadikannya visitor untuk blog atau website yang dituju (ditargetkan). Proses kerjanya membutuhkan waktu yang sangatlah singkat, hanya dalam hitungan menit blog akan kebanjiran pengunjung. Tetapi jika kita sudah memahami cara kerjanya, bukankah semua pengunjung yang datang hanyalah "tamu palsu" karena semua adalah bot bukan manusia.

MANFAAT JINGLING

Tidak dapat dipungkiri, bahwa tool ini pasti ada manfaatnya karena pada kenyataanya masih cukup banyak blogger yang menggunakan. Dan sesuai dengan tujuan awal pembuatan software ini, beberapa blogger menggunakannya untuk mengembungkan jumlah visitor blognya agar ranking blog dan alexa rank dapat segera naik meskipun hanya visitor buatan alias bohongan.

Bagi beberapa blogger, penggunaan tool ini hanya untuk mendongkrak sebuah blog baru (yang baru dibuat) dengan maksud blog lebih mudah ditemukan di Search Engine, selanjutnya trafik akan dibiarkan secara natural tanpa bantuan bot palsu lagi.

KERUGIAN AKIBAT JINGLING

1. Membohongi diri sendiri dan tidak menjadikan diri kita sebagai blogger yang sebenarnya, karena tujuan dari blogging adalah dapat berbagi isi konten dengan pembaca, bukan visitor yang berupa bot.

2. Yang namanya blackhat SEO sudah pasti akan memperburuk reputasi blog dimata google.

3. Jangankan menggunakan blog dengan konten bahasa indonesia (lokal), blog bule sekalipun akan dicurigai oleh google jika lonjakan visitor terlalu mencolok dan semua berdatangan dari segala penjuru dunia (melalui IP yang diambil oleh Jingling sebagai auto visitor). Akibatnya blog akan dianggap spam oleh google dengan resiko url atau blog dimasukkan ke sandbox (kena pinalty). Paling fatal adalah blog dihapus oleh google.

Sandbox adalah tindakan filtrasi atau pinalty yang diambil oleh google pada url atau blog yang dicurigai atau dianggap sebagai spam. Yaitu dengan deindex blog secara keseluruhan atau hanya beberapa artikel dari blog tersebut meskipun sebelumnya artikel yang difilter sudah ada di mesin pencari.

4. Beresiko akun Google Adsense kena banned jika telah memilikinya. Akan sangat disayangkan jika hal ini terjadi, apalagi jika memiliki blog-blog lain yang steril dan "jujur" harus kehilangan pendapatan karena akun GA dibanned.

5. Alexa rank yang naik turun karena ketidakstabilan visitor pada blog.

CARA MENGATASI JINGLING

Terlalu banyak dan besar dampak kerugian yang dapat diperoleh seorang blogger jika menggunakan atau terkena jingling, dibandingkan dengan manfaat yang hendak diambil. Blog yang sudah lama dibangun kehilangan reputasi di mata google, kemungkinan terburuk adalah artikel hilang dari search engine karena deindex (lebih menyakitkan lagi jika blog dihapus). Tentu tidak ada satupun blogger yang menginginkan hal seperti itu terjadi.

Lalu bagaimana cara menangani dan menangkal jingling?
Ini adalah cara yang bisa dilakukan pada blog dengan platform blogger atau blogspot

1. Masuk ke halaman adminstrasi blogger

2. Buka Setelan > Preferensi Penelusuran > robots.txt khusus > Edit
    Jika belum diaktifkan, aktifkan terlebih dahulu.

3. Pada kolom kosong yang tersedia, isikan script dibawah ini
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: https://kendhou.blogspot.co.id/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
4. Ganti link https://kendhou.blogspot.co.id dengan url blog sobat

5. Klik Simpan Perubahan

Script diatas bertujuan untuk membatasi bot perayap selain google agar tidak dapat mengakses blog dan seluruh isinya, jadi hanya bot dari google saja yang bisa merayapi isi blog tersebut. Sebagai pengingat bahwa cara ini tidak langsung bekerja, biarkan saja karena beberapa hari kemudian akan bekerja dan meminimalisir adanya spam bot yang akan mengakses blog.

Kesimpulan

Jingling memang berguna untuk menaikkan jumlah visitor dalam sekejap, bim salabim langsung membludak. Tapi apa gunanya jika hanya mendapatkan laporan kebohongan, hanya ada nama tanpa wujud nyata. Belum lagi resiko besar yang sudah menanti jika ketahuan sama google. Yang paling penting adalah hilangnya arti dari aktivitas blogging kita, hilangnya kesenangan dan kepuasan saat artikel kita dibaca oleh dan membantu orang lain dengan bermacam-macam komentar yang mengikuti dibawahnya.

Meskipun sebenarnya pihak google pasti sudah memiliki cara tersendiri untuk mendeteksi adanya autovisitor pada sebuah blog, dan dapat membedakan hal itu terjadi karena kesengajaan pemilik blog atau hasil perbuatan / serangan orang lain terhadap blog. Script yang saya share hanya untuk mengantisipasi dan meminimalisir resiko kerugian akibat jingling, karena banyak faktor yang membuat orang lain melakukan serangan jingling pada blog yang kita kelola.

Akhirnya, blogging adalah tentang kreativitas kita dalam membangun blog secara benar dengan konten yang dapat menarik minat pengunjung nyata karena sangat banyak tehnik SEO yang dapat kita pelajari dan gunakan selama kita masih terus ingin memajukan blog. Semoga artikel tentang jingling autovisitor dan cara mengatasinya yang saya tuliskan pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian.
Salam pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jingling auto visitor dan cara mengatasinya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel