Cara upgrade domain blogspot.com ke domain TLD

Domain TLD (Top Level Domain) jika diartikan dengan mudah adalah domain tingkat atas. Bisa dikatakan sebagai segmen terakhir dari alamat atau nama domain sebuah website atau blog. Fungsi dari menggunakan TLD pada sebuah situs atau blog sangat banyak, salah satunya adalah blog akan terlihat lebih profesional. Dan pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara upgrade domain blogspot.com ke domain TLD secara mudah.
Bagi sesorang yang mulai tertarik untuk terjun dalam dunia blogging, dapat memulai membuat sebuah blog dengan domain gratisan atau "numpang". Banyak penyedia hosting dengan domain gratisan yang dapat digunakan untuk belajar dan mengawali dalam membuat blog, sebut saja blogger (blogspot.com) dan wordpress (wordpress.com.
Ketika sobat sudah mulai pada tingkatan serius dalam dunia blogging, sudah selayaknya domain gratisan tersebut dirubah menjadi domain pribadi alias TLD, dan saya sendiri sangat merekomendasikan langkah upgrade domain ini. Saya telah melakukan hal ini pada blog saya yang satunya yaitu www.autodieseltips.com yang sebelumnya bernama / menggunakan alamat https://tipsdieselengine.blogspot.com.

Kenapa harus dirubah atau diupgrade?
Beberapa alasan yang dapat sobat pertimbangkan adalah sebagai berikut

1. Blog akan dinilai lebih profesional oleh pengunjung maupun mesin pencari. Karena bagaimanapun juga, hal yang berbayar (domain saja ataupun domain plus hosting) akan terlihat lebih berbobot dan bergengsi dibandingkan yang gratisan.

2. Nama atau alamat blog menjadi lebih pendek dan secara otomatis menjadi lebih mudah diingat, baik oleh pemilik maupun pengunjung.

3. Sobat akan lebih serius mambangun dan mengembangkan blog, karena pasti akan sangat disayangkan jika domain berbayar dikelola asal-asalan, apalagi sampai dibiarkan begitu saja tanpa diurus.

4. Saat kita pindahkan ke hosting selain blogger (blogspot) misalnya wordpress, blog tidak akan kehilangan pengunjung karena alamat atau nama blog / situs tidak berubah.

5. Dan alasan-alasan lainnya...

Apa saja yang harus dilakukan untuk mengupgrade domain blogspot yang kita miliki agar menjadi domain pribadi? Simak baik-baik ya sob...

Mendaftarkan nama domain di situs penyedia layanan

Ini adalah langkah paling awal, karena kita takkan bisa pindah alias upgrade domain tanpa membuatnya terlebih dahulu. Ibarat sebuah kendaraan dengan plat nomor yang masih aslinya dari Samsat dan nomer itu kurang "asyik" dan menarik di hati, maka sobat harus memesan nomor khusus yang sesuai dengan hati sobat. Untuk apa plat nomer dirubah? sudah pasti memiliki nilai lebih dong...

Banyak layanan penyedia domain dan hosting yang bisa sobat pilih baik yang lokal maupun mancanegara, tetapi sebagai pertimbangan saya menyarankan untuk menggunakan yang lokal dengan alasan kemudahan dalam berkomunikasi dengan Customer Service saat kita mengalami kendala atau ketidak pahaman pada jasa layanan yang disediakan. Pada contoh kali ini adalah rumahweb.com karena saya menggunakan situs ini untuk penyedia domain yang saya sewa.

Langkah-langkah pendaftaran domain

1. Masuk ke alamat situs Rumahweb.com

2. Periksa ketersediaan nama domain yang sobat inginkan

3. Pilih diantara beberapa beberapa domain yang tersedia yang paling sesuai dengan blog sobat.

4. Pilih Paket Layanan yang sobat kehendaki dari kategori hingga lokasi server. Pilih tidak menggunakan hosting pada pilihan kategori, karena sobat sudah menggunakan blogger sebagai hosting blog.

5. Untuk Informasi akun dan billing, sobat harus Signup jika belum memiliki akun di rumahweb, karena saya sudah punya saya tinggal Login saja. Setelah berhasil login akan muncul jendela tentang metode pembayaran, pilih salah satu, pada contoh gambar saya menggunakan transfer ke rekening.

6. Lihat hasil Review keranjang belanja, jika sudah cocok tinggal centang kotak persetujuan lalu klik Checkout.

7. Ikuti petunjuk pembayaran, jangan lupa konfirmasi setelah melakukan pembayaran.

8. Jika sudah muncul pemberitahuan di email sobat bahwa pendaftaran domain sudah sukses, berarti domain sudah bisa digunakan.

Setelah domain sudah siap, apalagi langkah selanjutnya?
Domain yang sudah ada sudah tentu harus dipasang di blog yang sudah disiapkan, sobat ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Memasang domain pada blog

1. Masuk ke halaman administrasi blogger sobat dan pilih blog yang akan dipasangkan dengan domain baru tersebut.

2. Pilih menu Setelan > Dasar lalu klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda

3. Ketikkan nama domain yang sudah sobat buat tadi, jangan lupa untuk menggunakan www. sebelum alamat domain kemudian klik tombol Simpan

4. Akan muncul pesan kesalahan (Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 9.), tidak perlu khawatir sob karena hal ini pasti terjadi pada awal-awal pemasangan domain. Abaikan pesan peringatan tadi, yang perlu sobat lakukan adalah mencatat 2 Records DNS yang ada. Untuk lebih mudah gunakan teknik Copy Paste juga bisa kok, hehehe...

5. Sekarang Login ke http://clientzone.rumahweb.com untuk pengaturan DNS domain.

6. Masuk ke menu Domains > List Domain Saya .Selanjutnya pilih Kelola Domain
7. Pilih DNS Management pada jendela sebelah kiri. Jika pada jendela utama muncul tombol Start / Update, sobat klik saja terus sampai tidak ada lagi tombol yang sama muncul.

8. Klik Add New Record

Buat CNAME Record pertama
Domain         : masukkan kode "nama" (www) sesuai dengan yang ada pada langkah nomer 4
TTL              : Biarkan saja (14400)
Record Type : CNAME
Hostname     : Isi sesuai kode "tujuan" yang diberikan oleh blogger (blogspot), contoh pada langkah nomer 4 (ghs.google.com)

Setelah selesai diisi semua, klik Add Record

9. Sekarang klik Add New Record untuk membuat CNAME Record kedua

Domain        : masukkan kode "nama" (hyvuzsuphj5t), seperti pada contoh langkah nomer 4
TTL              : Biarkan saja (14400)
Record Type : CNAME
Hostname     : masukkan kode "tujuan" yang diberikan oleh blogger, contoh pada langkah nomer 4 (gv-wzl4mw37yzih7k.dv.googlehosted.com)

Jangan lupa klik Add Record

10. Sekarang tinggal membuat 4 DNS Record tambahan agar blog sobat dapat diakses tanpa menggunakan www (hanya nama domain.com). Caranya sebagai berikut

Klik Add New Record
Domain             : Kosongkan (tak perlu diisi)
TTL                   : Biarkan saja (14400)
Record Type      : A
IP or Hostname : Ketik 216.239.32.21

Klik tombol Add Record
Ulangi tiga (3) kali lagi langkah diatas dengan memasukkan nomer IP / Hostname berikut ini, INGAT!!! hanya ganti pada bagian IP / Hostname, selain itu biarkan seperti diatas :

216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

11. Setelah selesai membuat 2 DNS CNAME Records dan 4 DNS A Records, kembali ke halaman administrator blogger sobat lalu klik Simpan.
Jika sobat mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka domain baru sobat telah berhasil terpasang. Pesan kesalahan akan hilang dengan sendirinya.

12. Masih pada bagian Setelan > Dasar, centang kotak Alihkan domain.com ke www.domain com agar blog sobat dapat diakses tanpa menggunakan www. Kemudian klik Simpan


13. Done...

Jika domain baru sobat belum bisa diakses sedangkan proses pemasangan telah berhasil tanpa ada kesalahan, sobat dapat menunggu hingga 1X24 jam. Jika masih belum bisa diakses setelah 24 jam, sobat dapat menanyakan ke pihak penyedia layanan domain yang sobat gunakan untuk petunjuk lebih jelas.

Dan akhirnya, selesai sudah tutorial tentang cara upgrade domain blogspot.com ke domain TLD yang dapat saya bagikan. Terima kasih saya kepada mas sugeng id untuk informasi mengenai hal ini dan berhasil saya praktekkan dalam sekali pemasangan. Semoga bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara upgrade domain blogspot.com ke domain TLD"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel