Cara membongkar Pompa Injeksi In Line dengan klip plunger

Mungkin judul yang saya buat pada artikel kali ini sedikit membingungkan, tetapi saya yakin bagi sobat-sobat yang sedang atau pernah menangani pompa injeksi yang saya maksudkan dapat memahaminya. Dan tutorial yang saya bagikan tidak hanya untuk membongkar, tetapi juga untuk melakukan pemasangan, caranya cukup melakukan langkah-langkah kebalikan dari cara pembongkaran secara urutannya.
https://kendhou.blogspot.co.id/2018/04/membongkar-pompa-injeksi-in-line.html
Apa itu pompa injeksi in line dengan klip plunger?
Sekilas informasi tambahan untuk pembukaan, Pompa Injeksi In Line adalah PI dengan konstruksi sebaris dimana setiap silinder mesin dilayani oleh satu plunger. Jika mesin diesel menggunakan 4 silinder untuk proses pembakaran, maka PI yang digunakan pun memiliki 4 plunger di dalamnya dan seterusnya.

Pompa Injeksi tipe In Line lebih banyak digunakan pada mesin diesel dengan beban besar atau untuk pekerjaan berat. Pada umumnya PI tipe ini terdapat pada alat-alat berat, kendaraan komersil sejenis bus ataupun truk dan mesin-mesin industri lainnya.

baca juga :

Plunger yang ada pada pompa injeksi in line memiliki "pengunci" / dudukan spring yang berbeda-beda, sebuah alat yang berfungsi sebagai seat / dudukan pegas plunger sekaligus untuk pengancing bagian bawah / kaki plunger. Beberapa menggunakan dudukan yang memanjang dan hanya dapat dilepas bila camshaft sudah terlepas dari body PI, beberapa lainnya menggunakan dudukan yang berbentuk plate (plat / piring) yang dapat dilepas tanpa harus melepaskan camshaft PI. Dudukan yang saya jelaskan terakhir inilah yang saya sebut sebagai klip plunger.
https://kendhou.blogspot.co.id/2018/04/membongkar-pompa-injeksi-in-line.html
Contoh pompa injeksi yang menggunakan dudukan jenis ini adalah PI yang digunakan pada mesin Mitsubishi FM serta mesin eksavator (pada gambar diatas). Letak dudukan ini berada tepat diatas tappet dan di bawah pegas plunger (plunger spring). Sobat dapat melihatnya pada gambar diatas yaitu bagian yang saya tandai dengan warna biru. Cara pembongkaran PI In Line yang menggunakan klip atau dudukan berbentuk plate ini sangatlah mudah, simak baik-baik ya sob...

Alat-alat yang digunakan

1. 2 obeng minus ( - ), dianjurkan menggunakan yang panjang.

2. Obeng ketok ( mata obeng minus dan plus )

3. Kunci Ring ukuran 22 mm

4. Kunci T dan ring pas ukuran 10 mm

5. Tang lancip

6. Treker Governor

7. Paku atau kawat dengan ujung yang sudah dilancipkan serta dibengkokkan sedikit pada ujungnya.

Disini saya beranggapan Pompa injeksi sudah siap dibongkar dan gigi timer sudah dilepaskan. Sekarang kita menuju ke proses pembongkaran.

Langkah-langkah pembongkaran

1. Buka feed pump dan cover plunger menggunakan kunci T dan ring pas ukuran 10mm. Sekarang semua plunger dapat terlihat.

2. Cari plunger yang berada pada posisi TMB (Titik Mati Bawah) atau tidak menekan, pada plunger dengan posisi ini pegas penekannya dalam keadaan bebas atau tidak tertekan oleh tappet. Gunakan 2 obeng minus untuk menekan pegas keatas, ingat...!!! hanya pegasnya saja. Jika sudah terangkat, tahan menggunakan salah satu obeng lalu lepaskan klip (plat dudukan) di bawahnya.

3. Sekarang plunger sudah tidak terkunci karena klip sudah terlepas, buka holder Delivery Valve menggunakan kunci ring ukuran 22mm. Angkat Delivery Valve menggunakan tang lancip, kemudian angkat plunger menggunakan paku / kawat yang sudah disiapkan.

4. Lakukan hal yang sama untuk melepaskan plunger yang lainnya, jangan lupa memutar camshaft agar plunger berada pada posisi TMB.

5. Buka cover Governor menggunakan kunci T dan ring pas ukuran 10mm.

6. Lepaskan spring start / spring fleiweight governor menggunakan tang lancip, lalu lepaskan batang rack / pengatur dari governor menggunakan obeng minus.

7. Lepaskan Governor fleiweight menggunakan treker.

8. Lepaskan tappet dari Pompa Injeksi, cukup angkat menggunakan tangan atau dengan bantuan tang.

8. Langkah terakhir adalah melepaskan camshaft, buka com / cover camshaft menggunakan kunci T / ring pas ukuran 10mm. Beberapa camshaft menggunakan dudukan yang harus dibuka menggunakan obeng ketok ( - / + ). Injeksi sudah terbongkar semua.

Mudah bukan? sebelum melakukan pemasangan kembali, pastikan semua karet O ring, Seal, Packing, Serta ring delivery valve (ring kuningan) dalam keadaan bagus. Lakukah langkah kebalikan dalam pemasangan atau perakitan pompa injeksi. Untuk memasang pengancing batang rack dan governor, gunakan tang lancip.

Inilah cara membongkar pompa injeksi dengan klip plunger yang dapat saya bagikan, jika ada yang hendak ditanyakan dapat sobat tuliskan di dalam kolom komentar yang telah tersedia di bawah. Semoga dapat bermanfaat dan...
Salam Pintar....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membongkar Pompa Injeksi In Line dengan klip plunger"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel