Menyetel Governor pompa injeksi

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa governor adalah sebuah alat pada mesin diesel yang berfungsi untuk mengatur jumlah debit minyak sesuai dengan putaran mesin, kinerja Governor sangat penting karena untuk menjaga putaran mesin agar tetap setabil, menjaga agar mesin tidak mati saat putaran rendah dan menjaga agar mesin tidak overrunning saat putaran tinggi.

Letak dari governor tidak selalu berada di dalam pompa injeksi meski pada umumnya seperti itu, contohnya adalah pada mesin diesel duduk 1 silinder dimana governor dipasang pada ujung kruk as dengan konstruksi yang sangat sederhana yang biasa disebut kupu-kupu oleh beberapa mekanik. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang menyetel governor mesin diesel untuk melengkapi artikel terdahulu mengenai topik ini.

Beberapa saat yang lalu, ada sobat kita yang menanyakan tentang fungsi-fungsi dari baut setelan pada governor yang ternyata tidak hanya satu, lebih tepatnya adalah baut-batu setelan yang terpasang pada governor housing dan cover, serta baut setelan yang ada di dalamnya. Agar tidak salah dalam penyetelan sudah seharusnya kita mengenal dulu nama-nama baut yang terpasang tersebut.

Sebelumnya saya pernah membahas tentang bagaimana cara mendongkrak tenaga mesin diesel, salah satunya adalah menaikkan putaran mesin (RPM) yaitu dengan cara menyetel tekanan pegas pada governor (menyetel torsi). Pada postingan ini saya akan lebih fokus pada Pompa injeksi tipe In Line karena tipe inilah yang paling banyak memiliki setelan, berbeda dengan Pompa injeksi tipe distributor.
Sobat bisa melihat gambar di bawah ini.

1. Governor mekanis tipe RSV.

Governor dengan tipe ini adalah governor yang bisa kita temukan pada Pompa injeksi Fuso Mitsubishi FM (odong-odong), beberapa mobil container, mesin generator / industri dan alat berat. Tipe ini memiliki lebih banyak baut setelan dibandingkan tipe lainnya, pada beberapa pompa injeksi baut ini terdapat di bagian dalam cover governor dan harus membukanya. Sebagian menutupnya dengan cover yang dikunci dengan baut dan sebagian lainnya menutupnya dengan plat aluminium, untuk tutup yang ini sedikit orang mengetahuinya kecuali mekanik (contohnya pada pompa injeksi keluaran Zexel).

Secara garis besar, fungsi-fungsi dari baut yang ada pada banyak pompa injeksi adalah sama, penempatan baut dan bentuknya serta ukurannya yang berbeda-beda bahkan pada pompa injeksi dari pabrikan yang sama.

Dibawah ini adalah baut-baut setelan yang terdapat pada Pomap Injeksi dengan Governor tipe RSV :

1. Baut setelan idle (langsam)
2. Baut setelan maximum speed
3. Baut setelan minyak (Fuel load adjusting screw)
4. Baut setelan pengatur torsi
5. Baut setelan pegas idle tambahan
6. Baut idle stop
7. Baut setelan tuas pengatur torsi

Harap sobat ingat-ingat bahwa tidak semua baut-baut penyetel diatas digunakan pada semua pompa injeksi dengan governor tipe RSV, beberapa pompa injeksi meniadakan beberapa baut setelan, contohnya pada governor untuk pompa injeksi Genset.

2. Governor mekanis tipe RQV

Ini adalah governor yang digunakan pada truk Mitsubishi Colt Diesel, Canter, Fuso Fighter dan banyak lagi pompa injeksi kendaraan yang menggunakan governor tipe ini. Baut setelan yang terdapat pada pompa injeksi dengan governor ini lebih sedikit dibandingkan tipe RSV. Lihat gambar dibawah ini ya sob
1. Baut setelan minyak (fuel load adjusting screw)
2. Baut setelan idle (langsam)
3. Baut setelan maximum speed
4. Baut setelan dumper spring capsule / Rack stabilizer (Fuso Mitsubishi Fighter)
5. Baut setelan vacuum turbo

Untuk menambahkan torsi (menaikkan RPM) terdapat setelan yang tersembunyi, yaitu pada gambar yang saya tandai dengan lingkaran warna hijau, tempatnya di dalam governor housing dan sobat harus terlebih dagulu membuka penutup berbentuk lingkaran dengan garis coakan di tengahnya atau mengunakan kunci shock (pompa injeksi mercedes benz).

3. Governor tipe Pneumatic

Governor tipe ini juga memiliki baut setelan dengan jumlah yang sedikit, dan tidak semua pompa injeksi dengan governor tipe ini memiliki baut setelan yang sama. Governor yang bekerja menggunakan kevakuman udara pada intake manifold mesin ini dapat kita jumpai pada pompa injeksi beberapa kendaraan yang terbilang berumur tua ya alias kendaraan lama, contohnya adalah Chevrolet LUV, Toyota DA (biasa disebut mobil truk buaya), daihatsu Taft lama atau truk Delta dan lain-lain. Sobat bisa lihat pada gambar dibawah ini
1. Baut setelan minyak (Fuel load adjuster) dan (sekaligus) shutoff atau choke untuk mematikan
2. Baut setelan idling capsule / pegas diaphragm
3. Baut setelan pengatur torsi

Oke sobat sekalian, itulah nama-nama dari batu -baut setelan yang ada pada governor pompa injeksi ipe in line yang dapat saya informasikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat dan...
Salam Pintar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

34 Responses to "Menyetel Governor pompa injeksi"

  1. Nice Website,
    The Blogger of this Blog is active person, I appreciate their efforts


    multi recharge software
    dnd open sms.

    ReplyDelete
  2. thanks Asima KhanMay...
    i'm just a blogger who want to share what i knew, i have learned and what i can...

    ReplyDelete
  3. mas,coba terangkan baut stelan yg ada pada pompa injeksi canter

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada pompa injeksi canter sama dgn keterangan pada governor rqv
      1. baut setelan idle
      2. setelan max spded
      3. setelan minyak
      4. vakum turbo
      5. setelan RPM (buka cover bulat dulu)
      *tambahan*
      1. setelan timing (kendurkan 4 mur cover timer dan 1 mur dudukan)
      2. setelan plunger (kendurkan 2 mur di setiap plunger, tapi sangat tidak disarankan)
      selamat mencoba sob, good luck

      Delete
    2. Sya mau nanya,kalau governor yg pneumatic jka baut stelan minyak nya di kecil kan,gas gk bisa di besar kn,gimna cra supya gas bsa dinaikkn n minyak nya kecil,mesin nya kad c190

      Delete
    3. kemungkinan sobat terlalu banyak mengiritkan debit bahan bakar. coba diperiksa kembali

      Delete
  4. stel rpm tu fungsinya untuk apya mas...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. menambah maksimal putaran mesin, jika sebelumnya (standar pabrikan) diset maksimal 2000rpm maka setelah distel berubah menjadi 2.500rpm.
      istilah yang paling mudah dimengerti adalah menambah "nafas mesin" menjadi semakin panjang. Semoga bisa difahami penjelasan singkat saya sob

      Delete
  5. Tambah rpm nyetelnya bgmn ya mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setel RPM pompa injeksi apa ini sob?

      Delete
  6. mas pada governor jenis rqv,di bagian bobot sentrifugalnya,kan ada pegas pengatur,
    bagaimana cara penuetelnnya tu mas...dan fungsinya untuk apa ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara penyetelannya dengan memutar ke kanan/kiri mur pada cover spring governor, perhatikan yang saya lingkari dan saya zoom pada gambar.

      Fungsinya untuk menyetel RPM dengan menambah atau mengurangi tekanan spring pada sistem kerja governor.

      Delete
  7. berarti antara pegas sisi kanan dengan sisi yg kiri harus sma kan mas...gmana cara menyamakan stelannya itu mas...????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal samakan putarannya aja, kalau yang satu diputar setengah putaran berarti putar yang satunya setengah putaran

      Delete
  8. mas..ni ada mobil colt diesel ps 100..
    pas saya gas tanggung,dan sesudah itu saya lepas gas.malah langsamnya tinggi jadinya mas...
    itu apa penyebabbya ya mas...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di bagian governornya sob...

      Delete
    2. Iya mas...sya juga punya masalah yg sama dengan muhammad danil trus mobil sya juga ps100, mohon pencerahan gimana cara setelnya...

      Delete
    3. Jawabannya sama sob, periksa bagian governor. Mulai dari start spring, governor sampai ke lever2 di dalam housing governor termasuk stanggas...

      Delete
  9. Mas saya ada colt diesel ps120 ragasa kalau di gas gantung +- rpm 1000 mesin terasa getar Seperti mesin pincang. Tetapi kalau di akselarasi atau di gas tiba tiba suara normal. Pompa injeksi sudah di kalibrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar plunger sudah cacat (beda dengan aus), ini sudah menjadi "penyakit" khas / bawaan dari pompa injeksi PS120. sangat susah untuk mendapatkan hasil yang memuaskan jika plunger tidak diganti, meskipun sudah dikalibrasi.
      Kemungkinan lainnya adalah laher / bearing oblak.

      Delete
  10. Klo menyetel plunger efeky apa mas.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyetel bagaimana dulu maksudnya sob?
      Dan yang disetel plungernya pada pompa injeksi jenis / tipe apa dulu?
      Maaf saya bertanya balik agar tidak terjadi kesalahan penjelasan

      Delete
  11. Gini mas.
    Saya baru beli canter second, tenaga ok, solar boros. tp klo pas oper gigi asap ngebul item. Tak lihat di IPy, timing udh d geser dikit. trus plungery d geser mentok ke arah kiri. Apa gara2 plunger d geser jd ngebul item y mas, stiap perpindahan gigi.
    Minta pencerahanya mas, supaya tidak ngebul item + irit bbm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, Asep item dikarenakan debit bahan bakar terlalu banyak. Ini dampak dari plunger yang digeser mentok ke kiri itu sob...
      Kalo penggeseran belum lama, sebaiknya dikembalikan ke posisi semula

      Delete
  12. Maaf mas mau nanya
    Bagaimana cara menyetel governor engine diesel pada mitsubishi 12 cylinder

    ReplyDelete
    Replies
    1. Governornya macam2 sob, mungkin akan lebih mudah kalau informasinya lebih lengkap... Mitsubishi 12 cylinder type mesinnya apa, plus gambarnya kalau bisa.

      Delete
  13. mas kalo misalnya penyetelan goovernoor di putar ke kanan efeknya jadi gimana mas di mesin apakah tambah tenaga atau nggak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada penambahan di tenaga, sodokan lebih berisi dan nafas mesin menjadi lebih panjang...
      Tapi jika terlalu banyak ada efek buruknya, untuk governor tipe rsv putaran mesin akan lambat kembali ke posisi idle setelah digas. Sedang kan tipe RQV terasa normal pada gas, tetapi dapat mematahkan krukas.

      Delete
  14. Sya punya ps100 pas distart gas nya langsung naik gak mau turun normal, tapi kalo pedal diinjak gasnya tanggung. Mohon pencerahan cara mengatasinya, sudah seminggu mobil gak jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah terjadi pada bagian governor, cek semua perangkat di housing governor.

      Delete
  15. Colt diesel 120 PS, sudah saya buka penutup stelan rpm yg seperti gambar di atas, begitu saya buka kok gak ada setelahnya seperti gambar yg di Zom di atas pak? apa stelan ya di tempat lain,apa nyari top nya dulu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan tidak berada tepat sesuai top, karena pemasangannya juga tidak ada aturan tertentu.
      Putar saja poli kruk as ambil terus memperhatikan governornya, jika sudah terlihat dan disetel putar lagi untuk menyetel sisi satunya.
      Good luck sob...

      Delete
  16. apakah sma injeksi pump hino lohan dan mitsubishi fuso 220...
    dan apa kh sama cara penyetelannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sob ryanda
      keduanya menggunakan pompa injeksi in line tipe pompa P. cara penyetelannya pun otomatis sama

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel