Paket data tidak bisa dipakai internetan

Hai sobat-sobat blogger, di jaman serba canggih ini apapun bisa dicari dan dipelajari hanya dengan jari jemari tanpa harus kemana-mana. Apalagi kalau bukan dengan adanya gadget semacam Smartphone, tablet hingga laptop yang saya yakin ada di setiap rumah, atau bahkan setiap anggota keluarga memilikinya. Asisten rumah tangga aja punya kok, bahkan mungkin tak cukup satu hayoooo...

https://kendhou.blogspot.co.id/2018/04/paket-data-tidak-bisa-digunakan.html
Untuk bisa berselancar di dunia maya, chattingan atau sekedar nonton video-video melalui aplikasi Youtube dan sejenisnya dimana saja, tentu harus memiliki kuota data internet di kartu sim yang digunakan pada smartphone maupun modem untuk laptop. Solusi yang paling menggiurkan adalah membeli kartu perdana kuota data internet sekali pakai yang sudah terisi dengan bermacam-macam ukuran, dari 5 GB, 12 GB, 15 GB dan seterusnya, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan membeli paket data biasa untuk nomer yang sudah terpasang.

Sebenarnya jarang terjadi permasalahan pada kartu data yang beredar di pasaran, tetapi selalu saja ada dan itu bukanlah permasalahan yang serius. Tetapi saat ini bertambah lagi permasalahan-permasalahan baru yang mengakibatkan paket data tidak bisa dipakai internetan setelah kartu dipasang pada slot SIM smartphone ataupun modem.

Kenapa ya kok nggak bisa dipakai? apa sudah rusak? apa masa aktifnya habis? apa... apa... dan apa yang lainnya akan mengikuti jika kita tidak tahu penyebab-penyebabnya. Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang penyebab-penyebab paket data tidak tersambung ke jaringan internet.

Kenapa kuota paket data tidak bisa dipakai?

1. Kartu belum diregistrasi

Ini adalah peraturan dari pemerintah dimana setiap kartu SIM yang digunakan harus didaftarkan menggunakan Nomer NIK dan Nomer KK yang valid. Dan pendaftaran ini dibatasi hingga tiga kartu untuk satu Nomer NIK. Bagi yang belum bisa mendaftarkan kartunya bisa lihat caranya pada postingan tentang cara registrasi dan unregistrasi kartu SIM yang pernah saya bahas sebelumnya.

Loh.... kok ada cara unregistrasi?
Iya donk..., ini bertujuan agar kita bisa mendaftarkan kembali nomer NIK kita untuk kartu SIM yang baru jika sudah ada yang diunregistrasi alias dihapus dari daftar pengguna nomer SIM. Gimana, asyik kan???

2. Kartu belum diaktivasi

Ini adalah masalah klise karena sudah lama hal ini diberlakukan, kartu SIM harus diaktivasi terlebih dahulu menggunakan data pengguna dan nomer kode Outlet (POSID) alias penjual kartu tersebut. Tetapi pada beberapa kartu perdana kuota data internet, hal ini tidak berlaku (sudah diaktivasi oleh pihak operator) dan hanya tinggal registrasi saja.

3. Layanan fitur data belum diaktifkan

Ikon sambungan data sudah muncul tapi selalu gagal digunakan (Chatting, browsing dan lain-lain) sedangkan data masih banyak dan berlimpah ruah, hihihi... Kok bisa begitu ya?
Coba sobat aktifkan fitur GPRS jaringan operator yang sobat gunakan, saya pernah membahas tentang cara mengaktifkan fitur GPRS Telkomsel pada artikel lama saya. Caranya cukup mudah kok sob, hanya melalui dial pada tombol / keypad...

a. *363*213#(OK / telepon) lalu ketik angka 1 kemudian OK >> ini adalah cara yang sudah ada dari dulu sob

b. *266*7*2#(OK / telepon) ini adalah layanan aktivasi GPRS Roaming, fungsinya sebenanya sama saja dengan cara diatas. Ini adalah cara terbaru

4. Kartu digunakan diluar zona yang didaftarkan

Saat ini lokal kartu data kuota semakin dipersempit area penggunaannya. Jika sebelumnya zona data dibagi menjadi beberapa area luas (contoh area Sumbagsel) kemudian dipersempit menjadi area Lampung dan terakhir dipersempit lagi sesuai dengan lokasi hard cluster yang ada (contoh, Zona 3 yaitu Tulangbawang, Mesuji dan Tulangbawang Barat). Hal ini belum diketahui oleh banyak pengguna.

penjelasan dengan contoh :
Jika dulu sobat beli kartu perdana kuota data internet di Bandar Lampung, maka data yang ada pada kartu tersebut dapat digunakan di semua wilayah yang ada di Lampung. Tapi jika sekarang sobat membeli kartu kuota data di Bandar Lampung, maka data pada kartu tersebut tidak dapat digunakan di wilayah yang tidak masuk pada zona Bandar Lampung (misalnya di Lampung Utara)

5. Pengguna belum mandi dan gosok gigi.... Ooooopsss maaf sob yang ini tidak perlu dianggap serius. Jarinya kepleset waktu ngetik, eeehhhh keterusan masalahan hehehe....

Jika permasalahan masih muncul dan data pada kartu sobat tidak bisa digunakan, segera datang ke gerai atau kantor layanan operator terdekat. Sobat juga bisa menghubungi ke layanan pelanggan via telepon di 188 untuk Telkomsel

Itulah penyebab-penyebab kenapa Paket data tidak bisa dipakai internetan yang sering saya jumpai pada pelanggan-pelanggan saya, kecuali penyebab pada point 5 ya. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Paket data tidak bisa dipakai internetan"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel