mobil diesel untuk perjalanan jauh

Bagi sobat dan keluarga maupun para pembaca yang hendak bepergian jarak jauh melalui jalur darat, menggunakan kendaraan bermesin diesel sudah pasti menjadi pilihan yang paling tepat. Bukan tanpa alasan saya mengatakan itu, karena siapapun tahu dengan pasti bahwa mesin diesel terkenal akan ketangguhannya, kehandalannya melibas segala macam medan jalan yang dihadapinya juga sudah diketahui oleh banyak orang termasuk kita, belum lagi konsumsi bahan bakar yang lebih irit plus harga bahan bakar solar yang memang lebih murah dibandingkan jenis bahan bakar yang lain sudah tentu bisa menjadi pertimbangan tambahan. Memutuskan memakai mobil diesel untuk perjalanan jauh memang sudah paling pas, contohnya adalah mudik ke kampung halaman.

Mesin diesel memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan mesin bensin, hal ini dapat memberikan tenaga yang siap melayani anda menjelajahi segala medan jalan, dengan efisiensi pembakaran yang membuat anda lebih menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar selama perjalanan. Apalagi dengan hadirnya teknologi Commonrail dan turbocharger yang terus dikembangkan dan diperbarui demi memuaskan para pengguna dan pecinta mesin diesel. Bahan material yang kuat dan teruji menjanjikan daya tahan yang akan memberikan kenyamanan berkendara jarak jauh tanpa harus khawatir lagi.

Sistem injeksi yang sudah digunakan oleh mesin diesel sejak dulu dipercaya memiliki efisiensi lebih baik dalam hal konsumsi bahan bakar, dengan timing pembakaran yang sedemikian rupa pada semua komponen dapat memaksimalkan tenaga yang dihasilkan oleh bahan bakar yang diinjeksikan kedalam ruang bakar. Dibuat dengan tingkat presisi yang tinggi dan disetting dengan sangat akurat adalah alasan kenapa semua itu bisa terjadi. Untuk harga bahan bakar yang labih murah adalah poin tambahan yang layak anda pertimbangkan.


Commonrail dan Turbocharger adalah dua teknologi yang sudah cukup lama diaplikasikan pada mesin diesel modern, dan hingga saat ini masih terus dikembangkan oleh banyak pihak. Masih banyak lagi teknologi-teknologi baru yang telah disematkan pada mesin diesel saat ini yang semakin memanjakan para penggunanya. Pun bermacam-macam fitur terbaru yang terpasang pada interior kebanyakan mobil saat ini bisa membuat penumpang lebih betah berada di dalam kendaraan. Rasa lelah seakan enggan datang menghampiri bahkan mungkin terlupakan, bisa jadi rasa lapar dan kantuk lebih dahulu menyambangi di tengah perjalanan panjang, hehe...

Tapi jangan sampai lupa, Lakukan pemeriksaan dengan teliti pada kendaraan sebelum memulai sebuah perjalanan jarak jauh apalagi mudik yang selalu dibumbui dengan kemacetan dimana-mana. Apa saja yang harus diperhatikan saat pengecekan???

1. Roda dan Rem

Keduanya tidak dapat dipisahkan. Semua kendaraan (bermesin bensin hingga roda dua) membutuhkan pemeriksaan cermat di bagian ini. Pastikan semua roda yang digunakan dan roda cadangan benar-benar dalam keadaan bagus dan siap menempuh jarak jauh khususnya roda depan. Karena akan sangat fatal akibatnya bila roda depan pecah disaat kendaraan melaju dengan cukup kencang.

Untuk piranti penghenti laju kendaraan juga tak boleh luput dari perhatian, apalagi jika lokasi tujuan sobat melewati jalanan naik turun nan berliku atau daerah pegunungan. Keselamatan berkendara adalah tujuan utama dalam hal ini, kenyamanan pun lebih terjamin tentunya.

2. Oli mesin dan Air radiator

Kedua cairan inipun memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya. Oli digunakan untuk melumasi semua komponen dalam mesin agar dapat bekerja dengan lancar serta menjaga agar tidak terjadi gesekan-gesekan kasar ketika semua bagian mesin bekerja. Idealnya adalah oli mesin baru dugunakan untuk jarak tempuh sekitar 5.000 (lima ribu) kilometer, lebih baik diganti jika sudah mendekati jarak tempuh tersebut supaya tak perlu was was karena ini bukan perjalanan jarak dekat.

Air radiator berfungsi untuk menjaga suhu panas mesin agar tetap stabil dan tidak melebihi batas yang ditentukan. Keringnya air radiator dapat mengakibatkan overheatting pada mesin, resikonya jelas tidak bisa dianggap remeh karena hampir semua komponen penting di dalam mesin bisa mengalami kerusakan. Isi penuh hingga tabung cadangan bila cairan telah berkurang atau siap-siap untuk merogoh dalam-dalam kantong sobat bila mesin terlampau panas.

3. Filter (udara dan bahan bakar)

Filter atau saringan juga memiliki peranan penting dalam sistem kerja mesin diesel, jika filter udara kotor segera bersihkan tapi jika sudah lembab harus secepatnya diganti dengan saringan yang baru. Pun dengan filter bahan bakar (solar), sebaiknya langsung diganti dengan filter baru sebelum melakukan perjalanan yang jauh.

Gejala yang ditimbulkan bila filter solar kotor adalah tarikan mesin yang menjadi berat, terkadang disertai asap putih. Ini terjadi dikarenakan penyaluran bahan bakar dari tangki ke pompa injeksi terhambat (tidak lancar) sehingga berpengaruh pada kinerja pompa injeksi dalam mendistribusikan bahan bakar ke ruang bakar.

Bagaimana dengan saringan udara?
Tidak jauh berbeda, mesin akan menjadi berat tarikannya dan disertai asap hitam yang tebal yang keluar dari kenalpot. Beberapa kasus bahkan disertai suara "batuk-batuk" ketika mesin mengalami mbrebet. Akan sangat terasa ketika pedal gas diinjak cukup dalam, seharusnya mesin dapat mencapai putaran tinggi saat mesin dan saringan dalam keadaan normal.


4. Pompa Injeksi dan Nosel / Injector

Kedua alat ini sangat berhubungan erat, bersihkan keduanya agar penginjeksian bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin tetap optimal. Khususnya mesin diesel yang telah mengusung teknologi Commonrail, kebersihan keduanya mutlak harus dijaga karena sering terjadi kemacetan / kebuntuan pada unit injector. Sebagai catatan tambahan : Harga injector mesin diesel commonrail masih cukup mahal, terpaut jauh dari harga injector mesin diesel non commonrail.

Gunakan cairan pembersih injector pada bahan bakar (bisa dicampurkan di dalam tangki), ini adalah cara yang paling mudah. Untuk nosel/injector akan lebih baik bila dibersihkan menggunakan alat khusus (tester), hal ini sekaligus untuk memeriksa tekanan seluruh nosel.

Kelengkapan lain seperti lampu-lampu (senja, utama, sign sampai dengan lampu rem), kipas kaca (dan air pembersih kaca) hingga surat-surat kendaraan dan pengemudi tak perlu lagi saya jelaskan lebih rinci. Sobat-sobat saya tentu telah mengerti tanpa dijelaskan dong...

Tak dapat dipungkiri, perjalanan jauh akan cukup menguras tenaga. Lelah dan jenuh mungkin akan terasa di tengah-tengah perjalanan, kendaraan bermesin diesel yang terkenal dengan ketangguhan dan kebandelannya menawarkan solusi berkendara yang aman dan nyaman tanpa khawatir dan harus berhenti berkali-kali. Happy riding dan....
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "mobil diesel untuk perjalanan jauh"

  1. Terimakasih, artikel sangat membantu menambah pengetahuan praktis dan sebagai panduan dalam pencarian second opinion sebelum ke bengkel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, senang dapat membantu... second opinion cukup penting karena terkadang bengkel yang satu dengan yang lainnya memiliki pendapat yang berbeda.
      Good luck

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel