tips merawat dan memperbaiki mesin diesel

Mesin diesel memang terkenal akan ketangguhannya, lebih tahan lama dan bertenaga, meskipun dikenal juga sebagai mesin yang kasar atau berisik tapi kemajuan jaman dan teknologi mampu mengurangi dampak suara kasar dari mesin diesel yang berkompresi tinggi ini. Tapi bukan berarti mesin diesel bisa diabaikan perawatannya, karena jika kita teledor bukan tidak mungkin akan menguras kantong dengan cukup dalam saat harus diperbaiki. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips merawat dan memperbaiki mesin diesel.

Merawat adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga agar performa mesin diesel sobat tetap stabil dan memperpanjang usia pakai, apapun jenis mesin diesel yang sobat punya. Mulai dari yang paling kecil yaitu mesin diesel duduk 1 silinder, kendaraan kecil maupun besar (niaga dan komersil) hingga alat berat ataupun bajak (traktor). Semua membutuhkan perawatan yang baik dan benar secara berkala. Tak perlu menunggu penyesalan datang ketika harus menghadapi kenyataan bahwa kerusakan yang terjadi begitu menyesakkan hanya karena kelalaian dalam merawat mesin.

Pastinya sudah penasaran dong dengan tips-tips yang akan saya tuliskan selanjutnya, oke Sob tak perlu menunggu lama-lama kita akan langsung cuss ke topik kita pada postingan ini...

PERAWATAN

Beberapa cara perawatan ini dapat sobat lakukan sendiri tanpa bantuan mekanik, tetapi beberapa yang lainnya sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. Hal ini saya anjurkan untuk menghindari terjadinya malpraktik yang bahkan bisa berakibat fatal karena salah penerapan atau langkah.

1. Saringan atau filter

Ada beberapa saringan yang ada pada mesin diesel, saringan udara, saringan bahan bakar dan saringan oli. Untuk saringan bahan bakar terdapat dua saringan yaitu saringan yang berfungsi untuk memisahkan air dari bahan bakar (solar) dan saringan yang digunakan untuk menyaring debu dan kotoran yang terdapat pada bahan bakar.

Saringan udara adalah saringan yang paling mudah dilepaskan, beberapa harus menggunakan kunci (10mm, 12mm dan lain-lain) dan ada yang tanpa menggunakan alat bantuan sama sekali seperti pada kendaraan keluarga Panther 2,5 dari pabrikan Isuzu. Jika filter belum terlalu kotor atau lembab cukup dibersihkan dengan angin kompressor, sobat bisa meminta bantuan tukang tambal ban, bengkel mesin atau siapapun yang memiliki mesin kompressor. Tapi jika sudah sangat kotor apalagi lembab, sobat harus menggantinya dengan saringan yang baru.

Filter Solar (fuel filter) tidak dapat dibuka tanpa alat bantuan, siapkan kunci yang dibutuhkan dan alat khusus pembuka filter yang dapat dibeli dengan mudah di pasaran. Saya sangat menyarankan langkah penggantian untuk komponen ini, sedangkan filter pemisah air (water sedimenter) biasanya cukup dibersihkan saja. Tetapi beberapa mesin diesel hanya menggunakan satu filter bahan bakar seperti yang terdapat pada mobil Mitsubishi L300. INGAT... Menjaga bahan bakar selalu bersih adalah kunci utama agar Pompa Injeksi tetap prima dan panjang umur.

Filter Oli, masih sama dengan filter solar yaitu membutuhkan alat khusus pembuka filter untuk melepaskannya. Alatnya pun mudah ditemukan di pasaran sehingga sobat tidak kesulitan untuk mendapatknannya. Tetapi filter oli biasanya sudah langsung dikerjakan oleh mekanik saat melakukan penggantian oli mesin.

2. Membersihkan tangki bahan bakar

Sesekali menguras tangki perlu untuk dilakukan, apalagi jika kendaraan sering berjalan di area yang sering tergenang air bahkan lumpur (hutan, peladangan atau kampung yang masih belum memiliki akses jalan beraspal). Bahkan beberapa tangki harus dibobok atau dibedah karena kotoran dan rontokan karat / kerak sudah menumpuk cukup banyak di dalamnya.

Sobat dapat menguras sendiri tangki kendaraan atau mesin diesel yang sobat miliki, tapi untuk bobok membobok sebaiknya sobat serahkan pengerjaannya ke ahlinya, biasanya adalah tukang las. Jangan lupa memeriksa keadaan semua selang bahan bakar saat menguras atau membersihkan tangki.


Peralatan yang dibutuhkan untuk menyetel klep tidak banyak kok sob, yang harus ada adalah Feeler Gauge yang sering disebut oleh kebanyakan orang sebagai "puler", Obeng ( - dan +), kunci untuk membuka tutup klep dan mengendurkan mur baut setelan klep. Untuk cara penyetelan sudah pernah saya bahas sebelumnya, sobat bisa buka lagi artikel cara menyetel klep. Cara-caranya tak jauh berbeda karena yang harus dicari adalah TMA mesin, untuk top 1,4 dan lainnya tergantung silinder mesin yang digunakan.

Tapi seandainya sobat ragu mengerjakannya sendiri, menyerahkan ke mekanik ahli langganan sobat sudah pasti menjadi langkah yang bijak yang dapat sobat ambil.

4. Memeriksa timing belt

Buka tutup cover timing belt, pada umumnya dikancing menggunakan baut ukuran 10mm. Periksa apakah masih bagus atau sudah keras dan getas (ditandai dengan adanya semacam retakan pada timing belt). Jika masih bagus sobat bisa memeriksa apakah ketegangan timing belt masih bagus atau sudah mengendur, setel ulang ketegangannya jika memungkinkan.

Jika sudah terlalu kendur karena timing belt sudah molor sebaiknya diganti dengan yang baru, apalagi jika sudah keras dan getas. Kelalaian dalam perawatan timing belt dapat berakibat fatal lho sob, resiko yang harus ditanggung tidak sedikit, sebut saja klep bengkok dan piston (seher) jebol karena bertabrakan dengan klep.

5. Ganti oli mesin dan air radiator

Selain untuk melumasi semua komponen mesin, oli juga berfungsi untuk membantu mendinginkan suhu panas pada mesin seperti radiator. Alasan kenapa harus rajin mengganti oli mesin dan air radiator tidak perlu saya tuliskan karena sobat pasti sudah faham.

6. Cek Nosel

Tak harus menunggu adanya kerusakan untuk pengecekan nosel atau injector karena tekanan nosel pasti akan berubah setelah digunakan beberapa lama. Memeriksakan tekanan dan hasil pengabutan nosel secara rutin dapat menjaga stamina mesin diesel, setidak-tidaknya 1 tahun sekali. Hal ini sekaligus untuk merawat kebersihan dari nosel itu sendiri karena selain tekanan akan berubah, kerak hasil pembakaran dapat menyumbat lobang penyemprot pada nosel.

Untuk melepaskan nosel dari silinder head (silinder cup atau biasa disebut deksel) bisa dilakukan sendiri menggunakan kunci dan alat yang ada. Untuk pengetesan dan pembersihan sebaiknya dilakukan oleh yang sudah ahli di bidang ini.

Untuk perawatan sepertinya sudah cukup yang saya tuliskan, bagaimana jika menghadapi keadaan bahwa mesin diesel mengalami kerusakan. Ini adalah tips-tips yang akan saya bagikan mengenai langkah-langkah perbaikan.

Perbaikan

Kita lebih sering menggunakan istilah servis ataupun dandan untuk memperbaiki keadaan mesin yang sedang bermasalah atau rusak. Berikut adalah tips-tips yang sebaiknya sobat lakukan

1. Second opinion

Konsultasikan keadaan mesin diesel sobat pada beberapa ahli (mekanik), jika perlu sharing dengan teman atau kenalan yang pernah mengalami hal serupa. Karena tidak semua mekanik memiliki hasil diagnosa yang sama pada kerusakan mesin. Tujuan langkah ini adalah untuk memastikan bagian mana yang memang harus diperbaiki dan menghindari pengerjaan yang sia-sia (apalagi bila sampai mengganti komponen yang ternyata masih normal)

2. Memilih Bengkel

Untuk memperbaiki mesin diesel sobat sebaiknya pilihlah bengkel yang memang sudah dipercaya oleh banyak konsumen dan telah terbukti di lapangan. Bukan harga yang lebih murah tapi kualitas hasil perbaikan yang memuaskan yang harus diutamakan. Lantas, bengkel yang bagaimanakah yang recommended?

Peralatan yang digunakan oleh bengkel terbilang lengkap dan memenuhi standar minimum dalam hal kualitas untuk service. Pelayanan yang baik, ramah dan nyaman sehingga sobat dapat berkonsultasi mengenai kerusakan, perbaikan hingga estimasi biaya yang harus dikeluarkan bahkan tentang garansi yang diberikan.

3. Mempelajari troubleshooting

 Tidak ada salahnya sobat mempelajari beberapa cara dalam memperbaiki mesin diesel karena beberapa kerusakan dapat ditangani sendiri, jangan malu untuk bertanya pada mekanik tentang cara-cara mengatasi masalah-masalah ringan jika suatu saat terjadi kerusakan (troubleshooting). Seperti yang saya tuliskan diatas (perawatan), sobat dapat menyetel sendiri klep mesin, bagaimana cara memboroskan / mengiritkan debit bahan bakar pada pompa injeksi, mengatasi adanya angin palsu pada bahan bakar (masuk angin) dan trik-trik lainnya hingga mengganti sendiri komponen yang rusak (Sekali lagi, hanya pada masalah-masalah ringan...)

4. Perbandingan harga

Jangan takut untuk menanyakan harga komponen yang diganti kepada beberapa toko atau bengkel, hal ini sebagai perbandingan karena selisih harga antara satu penyedia barang dengan yang lainnya seharusnya tidak terlampau jauh. Sedangkan untuk ongkos perbaikan kita kembalikan lagi kepada profesionalisme kerja bengkel dan hasil yang diberikan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Saya rasa cukup disini saja mengenai tips-tips merawat dan memperbaiki mesin diesel yang saya share pada postingan kali ini, dan sebagai tambahan saja bahwa hal terpenting pada mesin diesel adalah selalu merawat kualitas bahan bakar dan pelumas mesin. Karena keduanya selalu digunakan terus menerus dan berhubungan langsung dengan semua komponen bergerak pada mesin diesel...
Salam Pintar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "tips merawat dan memperbaiki mesin diesel"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel