cara memasang iklan matched content

Banyak yang belum tahu mengenai salah satu fitur yang dimiliki oleh Google Adsense ini. Jangankan blogger biasa (bukan publisher iklan), banyak blogger yang telah menjadi penayang iklan Google Adsense pun bahkan belum semuanya tahu mengenai unit iklan yang satu ini. Sebelum kita lanjut ke cara memasang iklan matched content dalam postingan ini, kita sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu iklan Matched Content dari Adsense.

Apa itu Iklan Matched Content?
matched content

Matched Content yang jika dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Konten Yang Sesuai adalah sebuah fitur yang diberikan oleh Google (dalam Google Adsense) kepada penayang iklan dengan syarat dan ketentuan yang hanya diketahui oleh pihak google sendiri. Fitur ini "dihadiahkan" kepada blog penayang tertentu untuk mempromosikan konten di dalam blog, fungsinya kurang lebih sama dengan Related Post ( Postingan Terkait) pada blog.

Selain bertujuan untuk mempromosikan konten-konten blog yang sesuai dengan postingan yang sedang dibaca oleh pengunjung, matched content juga bisa disisipkan iklan dengan konten blog atau website lain yang sesuai dari periklanan google adsense. Tak hanya membantu menaikkan pageview (PV) blog seperti halnya Related Post, fitur ini pun memberikan kewenangan bagi publisher untuk memasukkan iklan pada tampilan konten.

Mendapatkan Matched Content

Tidak setiap publisher Adsense mendapatkan fitur Konten Yang Sesuai, dan tidak semua blog yang dimiliki oleh publisher bisa dipasangkan unit iklan Matched Content. Ada standar kelayakan tersendiri yang telah diatur oleh pihak Google Adsense tentang bagaimana sebuah akun penayang GA berhak menggunakan unit iklan Matched Content. Akan saya jelaskan dengan singkat sesuai dengan pengalaman saya sendiri.

1. Jumlah TRAFIK

Kenapa kata trafik saya tuliskan dengan huruf besar semua?
Karena trafik sudah mutlak menjadi salah satu syarat kelayakan untuk mendapatkan hadiah dari Google Adsense berupa fitur Matched Content. Banyaknya kunjungan menuju blog sangat berpengaruh terhadap penilaian mengenai pantas tidaknya sebuah blog tersebut untuk diberikan fitur special dari Google.

Tetapi mengenai berapa jumlah trafik yang masuk kriteria "layak" masih menjadi misteri yang hanya diketahui oleh pihak Google Adsense sendiri, karena beberapa pendapat dari para master blogging yang terlebih dahulu mendapatkan bisa berbeda-beda. Beberapa mengatakan membutuhkan sekitar 6.000 pv per hari, beberapa menunjukkan angka 4.000 an untuk trafik harian, dan beberapa angka yang wah lainnya. Pada kenyataannya, blog ini telah mendapatkan fitur MC ketika masih di angka dibawah 1.500 untuk trafik harian, bahkan ada yang telah mendapatkan fitur MC pada blog dengan PV dibawah 600 lho!!!

2. Jumlah Artikel

Tidak berbeda dengan jumlah yang pasti pada trafik, jumlah artikel yang layak mendapatkan fitur MC pun belum ada yang tahu pasti. Ada yang mengatakan bahwa blog harus harus memiliki setidaknya 300 - 400 artikel agar bisa mendapatkan unit iklan MC. Tetapi ternyata itu tidak sepenuhnya benar, karena blog ini hanya memiliki sekitar 200 an artikel saat dinyatakan layak menggunakan Matched Content.

Saya berpendapat bahwa artikel dengan jumlah yang banyak (lebih dari 100 artikel) sudah menjadi keharusan agar bisa memenuhi syarat, sesuai dengan fungsinya sebagai informasi tentang artikel atau konten yang sesuai dengan yang sedang dibaca oleh pengunjung.

3. Artikel orisinil

Sudah menjadi aturan utama GA untuk membuat artikel yang benar-benar asli hasil karya sendiri bukan hasil Copy paste (Copas). Hal ini sangat mempengaruhi penilaian pihak google terhadap sebuah blog, artikel copas hanya akan merusak citra blog di mata google.

4. Optimasi Adsense pada blog

Yang saya maksudkan disini adalah blog yang mendapatkan fitur MC telah mengoptimalkan fitur-fitur yang telah ada pada Google Adsense, pengaturan unit iklan, penempatan unit iklan hingga berbagai percobaan pada ukuran dan jenis unit iklan yang digunakan. Serta beberapa experiment yang disediakan pada menu GA. JANGAN PERNAH MELANGGAR TOS GOOGLE ADSENSE!!

Kesimpulan yang dapat saya ambil agar bisa mendapatkan Matched Content pada GA adalah 

1. Konsistensi dalam membuat konten yang menarik, bagus dan akan lebih baik jika berkualitas. Selain untuk menambah kuantitas artikel pada blog, pembuatan konten yang menarik tentu dapat menjaring pengunjung lebih banyak sehingga trafik blog pun meningkat.

2. Mengoptimalkan unit iklan yang disediakan pada GA, dengan asumsi jika banyak metode telah digunakan pada semua fitur dengan semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan penghasilan, fitur Matched Content layak diberikan sebagai bentuk apresiasi agar publisher memiliki peluang lebih dalam memonetisasi blog.

Cara memasang iklan Mached Content

Jika blog sobat sudah layak mendapatkan fitur MC, akan ada pemberitahuan pada akun GA sobat mengenai adanya tambahan unti iklan baru (MC) dan nama blog yang bisa menggunakannya (tidak semua blog bisa dipasangkan dengan unit iklan MC). Sobat tinggal memasangnya pada blog tersebut.

Ikuti langkah-langkah berikut ini agar MC dapat tampil di dalam blog sobat
1. Buka dasbor Akun Google Adsense sobat, buka menu Iklan Saya > Unit Iklan

2. Pada jendela kanan klik tombol +Unit iklan baru > Konten yang sesuai (Matched content)

3. Setel unit iklan matched content, sesuaikan dengan template yang sobat gunakan > Opsi Iklan, Gaya, Ukuran dan jangan lupa beri nama unit iklan MC.

4. Terakhir klik tombol Simpan dan dapatkan kode.

5. Langsung pastekan kode jika MC dipasang pada widget blog

6. Untuk memasang unit iklan MC di dalam artikel atau postingan (saran: pasang tepat dibawah artikel atau postingan) kode iklan harus diparse terlebih dahulu. Sobat bisa parse disini.

baca juga:

Tidak ada ukuran yang pasti secara jumlah pada artikel maupun page view (PV) dalam blog untuk bisa mendapatkan fitur matched content google adsense, selain sabar menunggu sampai "hadiah" itu diberikan sebaiknya tetap konsisten menulis artikel orisinil yang menarik agar bisa lebih cepat mendapatkannya. Optimalkan unit iklan yang sudah ada dan...
Salam Pintar....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara memasang iklan matched content"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel