Bang Izal Toys, one of the inspiring bloggers

Sebenarnya ini adalah postingan review yang kesekian kali (entah berada pada urutan nomer berapa, hehe..) tentang blogger yang satu ini, tak sedikit blogger yang lebih dulu terkenal dan memiliki nama lebih besar bahkan lebih berpengaruh pada dunia blogging Indonesia. Sebut saja mas Sugeng dari sugeng.id, mas Adhi dengan Kompiajaib, mbak Indri sang pemilik Juragancipir, mas Gani dan blog Klikmania miliknya, blog Portal Uang dan masih banyak lagi sederet nama blogger-blogger kondang yang sudah sangat dikenal dan menginspirasi banyak blogger termasuk saya.
Sebagai blogger "senior" dan berpengalaman, mereka tak hanya menyajikan konten bermanfaat dan memonetisasi konten-konten tersebut melalui jaringan iklan yang bermacam-macam. Tapi juga sudi berinteraksi dengan para pembaca, baik melalui kolom komentar maupun link khusus yang disediakan (email, chat dll). Dari situlah respect dari pengunjung semakin besar karena dapat merasakan manfaat yang sangat besar dari apa yang mereka bagikan. Lagi-lagi saya salah satu yang merasakan manfaat itu.

Saya lebih memfokuskan pada layanan iklan dari google pada postingan ini yaitu Google Adsense, kenapa??? karena jujur, jaringan layanan iklan inilah gang paling diincar oleh mayoritas blogger di Indonesia dan mancanegara (baca : sedunia). Saya pun meyakini bahwa mereka tak hanya memiliki satu blog saja, bisa jadi memiliki dua blog, tiga blog bahkan lebih banyak dari itu, sebagian lagi yang benar-benar fokus menjadikan blog sebagai penghasilan utama, mengelola blog-blog miliknya dengan cara yang sangat profesional. Mereka memiliki tim khusus dengan anggota yang memiliki tugas masing-masing dalam menjalankan "bisnis" blog tersebut.

Lalu kenapa saya memilih "Bang Izal Toys" sebagai objek review saya mengenai blogger yang menginspirasi pada artikel ini?
Beberapa orang mungkin belum mengenalnya, atau bahkan belum pernah mendengar tentang namanya. Saya sendiri belum cukup lama mengetahui keberadaan beliau sebagai seorang blogger yang merangkak sukses dan mulai bisa berdiri lalu berjalan (tak merangkak lagi) menuju kesuksesan sebagai blogger. Berawal dari postingan-postingan beliau di dalam grup Indonesian Adsense 
Publisher Discussion (IAPD) yang berada di media sosial Google Plus, saya mulai tertarik dengan isi-isi postingan itu, cukup menarik dan memancing komentar, diskusi dan rasa ingin tahu.

Siapa sebenarnya bang izal ini?
Beliau adalah seorang pengusaha di bidang jual beli mainan di Ibu kota, kelahiran kota Padang, Sumatra Barat pada tahun 1978. Lama menggeluti dunia bisnis di kota besar (telah memulai usaha dri tahun 1993) dengan banyaknya bentuk tantangan menjadikannya terlatih untuk tetap pantang menyerah sehingga bisa meraih keberhasilan. Hal itulah yang dipraktekannya dalam dunia blogging, berusaha keras mencari jalan keberhasilan dengan berbagai macam eksperimen hingga mengembangkan ide dengan membuat blog berbahasa inggris untuk mencari penghasilan yang lebih besar dari blog. Siapapun juga tahu kan kalau nilai klik dari luar negeri masih lebih gurih (bahkan jauh lebih menggiurkan) dibandingkan klik dari negeri sendiri.

Terus terang, saya jauh lebih dulu menjadi seorang penayang iklan Adsense melalui blog sebelum beliau. Tetapi perbedaan diantara kami sangat jelas terlihat, tekad yang kuat membuat bang izal sanggup menjadi publisher yang lebih berhasil dibandingkan saya, rasa penasaran beliau untuk bisa menaikkan earning Adsense diimbangi dengan usaha yang gigih dan tak kenal menyerah pun membuahkan hasil seperti yang diharapkan semua publisher iklan adsense, belum genap satu tahun menjadi penayang adsense (baru sekitar 8 bulan) bang izal sudah merasakan pencairan sebanyak 3 kali. Sedangkan saya hanyalah seorang moody blogger dimana saya hanya bisa fokus pada blog disaat mood saya datang, sisanya ya... "wassalam" maka tak mengherankan jika pencairan pertama saya membutuhkan waktu 1 tahun lebih,hehehe...

Apakah itu hebat? benar sekali, itu hebat. Tapi blogger yang seperti itu juga sudah banyak, jadi ya... tak terlalu hebat kalau boleh dibilang. Yang menjadikannya hebat dan membuat saya salut adalah kesediaan bang izal membagikan semua trik dan eksperimennya pada orang lain tanpa diminta. Salah satu cara beliau saya gunakan dan hasilnya tidak mengecewakan, jumlah klik perlahan ada penambahan dari jumlah biasanya walau belum seberapa. Sebenarnya saya bukan tipe orang yang bisa langsung tanya sana sini "to the point" meskipun ingin, entah karena saya yang pemalu atau lebih suka bertahan dengan kebodohan saya (nggak jelas ya saya ini).

Saya lebih sering hanya belajar dari apa yang saya lihat dan perhatikan, mengunjungi blog-blog termasuk blognya bangizaltoy dan memperhatikan semua elemen yang ada pada blog. Mencari tahu dimana perbedaannya dengan blog saya, entah itu penempatan iklan, jenis iklan yang dipasang dan seterusnya. Hingga melihat beberapa thread yang dibuat oleh bang izal, serta beberapa laporan beliau tentang eksperimen-eksperimen yang dilakukan pada blog maupun iklan lengkap dengan hasil yang didapatkan. Akhirnya semua tinggal kita yang memilih, ingin cepat atau lambat.

Bang Izal adalah seseorang yang aktif berbagi, baik dalam grup / forum maupun melalui blog yang dikelola. Tak hanya dalam urusan ber blogging ria, tetapi juga dalam berbagai hal mengenai bisnis (offline dan online), pengalaman-pengalaman serta dunia yang digelutinya saat ini yaitu usaha jual beli mainan. Urusan komunikasi, beliau cukup tanggap dalam merespon komentar ataupun pertanyaan mengenai apapun.

Artikel ini adalah sebuah catatan dari rasa kekaguman saya, serta sebuah penghargaan atas apa yang telah bang Izal ajarkan meskipun beliau sendiri tidak merasa mengajari orang lain. Sebuah postingan untuk mengingatkan kembali bahwa semangat juang dengan kerja keras akan membuahkan hasil yang memuaskan, sebagai motivasi bahwa kegagalan bukanlah sebuah halangan, tetapi sebuah pelajaran untuk dapat meraih keberhasilan. Salah satu blogger yang menginspirasi bagi saya dan banyak blogger lainnya.

Akhirnya, apapun kita saat ini... Kita selalu bisa berbagi banyak hal kepada orang lain, tak harus selalu materi karena pengalaman dan pengetahuan bisa sangat bermanfaat ketika dibagikan kepada orang lain. Semoga tulisan sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi sobat semua dan...
Salam Pintar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Bang Izal Toys, one of the inspiring bloggers"

  1. Memang benar beliau salah satu inspirator untuk memajukan blog, perlu di tiru cara pemasaran dan self brandingnya juga unique...

    semoga berkah mas ken dan bisa saling memotivasi..amiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...
      saya merasa senang kalau bisa membantu sobat-sobat yang lain termasuk sob +omong kosong lebih semangat dan lebih sukses lagi. meskipun hanya melalui artikel review seperti ini
      sukses selalu sob

      Delete
  2. Want To Increase Your ClickBank Commissions And Traffic?

    Bannerizer makes it easy for you to promote ClickBank products using banners, simply visit Bannerizer, and get the banner codes for your picked ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator to promote all of the ClickBank products.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel