pakai sparepart ori atau kw

Ketika pompa injeksi ataupun nosel didiagnosa mengalami kerusakan setelah dilakukan pemeriksaan dan harus dilakukan penggantian pada beberapa bagian atau spare part, terkadang kita akan berhadapan dengan sebuah dilema dimana harga alat yang mesti ditebus melebihi budget yang kita miliki. Saat itulah kita benar-benar diajak berpikir lebih untuk bisa menentukan, memilih pakai sparepart ori atau kw untuk diesel khususnya pompa injeksi dan nosel.
pilih suku cadang asli atau kw
Sebelum kita meneruskan pembahasan kita kali ini, mari kita ikuti dulu yang mau lewat berikut ini.... (hehehe... bercanda ya sob). langsung kita lanjut aja dech mengenai ORI atau KW sedetil mungkin agar tidak salah langkah yang berakibat penyesalan di kemudian hari. Jangan sampai kita akhirnya mengalami kerugian dimana uang yang kita gunakan seakan-akan menjadi sebuah pengeluaran yang sia-sia karena harus mengulangi kembali proses perbaikan.

Ori atau Orisinil menurut bahasa aslinya, adalah barang / alat suku cadang yang dibuat oleh pabrik resmi dan pabrik rekanan (resmi) dari produsen mesin. Semua alat tersebut sudah bisa dijamin kualitasnya karena semua telah melewati tahapan sesuai standarisasi pabrikan, mulai dari bahan, pengukuran hingga proses finishing benar-benar dibawah pengawasan. Maka sangat wajar jika harga yang dibandrol pada sparepart ori bisa dikatakan "Mahal", tapi pada akhirnya kualitas yang meyakinkan dapat membuat kesan mahal pada sukucadang ori terkesampingkan.

Bagaimana dengan suku cadang KW?
KW diambil dari kata KWalitas atau mutu, ada yang masuk dalam kelas KW Super, KW1, KW2 dan seterusnya. Pada dasarnya semua barang berlabel KW bukan buatan atau keluaran pabrik resmi tetapi dengan mutu yang menyerupai, hampir menyerupai hingga mutu yang tidak jelas. Jika kita tidak berhati-hati dan salah dalam membeli barang produk KW, akan menimbulkan efek kecewa yang sangat dan tentu saja... Penyesalan.

Sekarang kita sudah sama-sama mengerti apa itu Ori dan apa itu KW, apa saja masalah yang timbul akibat menggunakan barang KW? Karena kita lebih fokus pada sparepart pompa injeksi dan nosel mesin diesel, berikut ini adalah hal-hal yang sering terjadi pada suku cadang KW.


Beberapa nosel tipe tertentu akan sangat mudah macet setelah beberapa saat digunakan, gejala yang muncul adalah suara nglatak yang keras saat mesin digas. Semakin tinggi putaran mesin semakin kencang suara yang timbul mirip dengan suara metal mesin. Contihnya adalah nosel untuk panther 2,3.
Beberapa nosel akan mudah mampat atau buntu pada lobang penyemprot, gejalanya adalah mesin tidak dapat mencapai putaran tinggi saat digas, tenaga mesin diesel menjadi drop. Akan sangat merepotkan bagi pengemudi ketika harus berkendara pada medan yang naik turun. Hal ini sering terjadi pada Mitsubishi Canter.
Pengabutan nosel tidak sempurna. Hal seperti ini lazim terjadi pada hampir semua nosel, apalagi jika menggunakan nosel dengan label KW2, 3 dan seterusnya. Untuk ketahanan barang KW sangat tidak bisa dijamin meskipun pada awalnya tampak bagus.


Plunger maupun Rotor head memiliki kesamaan fungsi pada sistem kerja pompa injeksi mesin diesel. Sangat tidak bisa diprediksi kapan akan rusak atau aus kembali karena plunger bekerja tanpa henti selama mesin hidup. Terus bergerak maju mundur, berputar bergesekan dengan barel untuk memompa bahan bakar dengan tekanan tinggi menuju injector. Jika sudah melemah maka mesin akan susah untuk bertahan hidup pada putaran rendah / idle (langsam)

Selain tidak tahan lama, beberapa plunger KW sudah macet / seret terlebih dahulu sebelum dipasang ke dalam pompa injeksi, saya katakan (seret) ini lebih baik daripada terjadi setelah plunger terpasang di dalam pompa injeksi. Jika dipaksakan akan membahayakan karena pompa injeksi tidak dapat bekerja dengan baik dan beresiko merusak mesin.

Plunger KW lebih susah untuk dikalibrasi karena ukuran diameter tidak presisi dan tidak sama antara plunger yang satu dengan yang lainnya (ini sering terjadi). Akibatnya adalah suara mesin menjadi pincang atau mbrebet, saya yakin sobat tidak akan puas jika sampai terjadi seperti ini.

Lain-lain

Delivery Valve KW akan lebih cepat aus dan tidak dapat menahan bahan bakar bertekanan tinggi di dalam selang nosel. Tenaga mesin akan berkurang bahkan mesin lebih susah untuk dihidupkan.

Karet dumper / rubber KW akan semakin lembek setelah lama digunakan, berbeda dengan yang Ori yang akan mengeras setelah digunakan dalam waktu yang lama. Akan sangat membahayakan bagi governor pada pompa injeksi.

Perpak atau packing (bisa berupa karet, o ring, seal dan packing kertas) yang KW akan rawan mengalami kebocoran. Hal ini bisa terjadi karena bahan yang digunakan belum tentu sesuai dengan standar yang digunakan pabrikan resmi, bisa juga karena ada perbedaan pada ukuran dengan yang ori.

Bearing KW kebanyakan adalah bearing bekas yang hanya dipres ulang oleh beberapa pengusaha "nakal" untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang relatif murah. Akan lebih cepat kocak atau oblak setelah digunakan beberapa lama.

Bagaimana jika terpaksa harus menggunakan?

Ada beberapa alasan yang membuat kita harus menggunakan barang atau suku cadang KW pada pompa injeksi ataupun pada nosel kita. Keadaan keuangan (budget) yang tidak mencukupi untuk menggunakan yang ori pada semua bagian, bisa juga karena sulitnya mendapatkan barang yang ori di daerah kita memperbaiki sedangkan barang tersebut harus diganti.

Saran pertama adalah tetap pakai suku cadang ori, karena kualitas yang sudah pasti terjamin akan memberikan kepuasan dalam perbaikan. Mesin dapat digunakan untuk bekerja dengan baik tanpa kekhawatiran. Tunggu hingga biaya tercukupi atau pesan jika alat yang ori tidak ada.

Saran kedua, gunakan barang dengan label KW super. Hal ini bisa ditanyakan kepada bengkel atau toko sparepart yang menjualnya, minta jaminan kepada bengkel ataupun penjual. Untuk barang ori garansi sudah pasti diberikan secara otomatis, berbeda dengan barang yang KW ya sob...

Saran terakhir, gunakan kombinasi (Ori dan KW). Hal ini untuk mensiasati budget yang tersedia agar pompa injeksi dan nosel bisa segera diperbaiki. Tapi dengan catatan... Gunakan suku cadang Ori pada bagian dalam dan susah untuk dibongkar pasang, suku cadang KW hanya digunakan pada bagian-bagian luar atau yang mudah untuk dibongkar pasang.

Kesimpulan

Apapun kerusakan yang terjadi pada pompa injeksi maupun nosel sobat, sebaiknya gunakan barang yang asli atau Ori sebagai pengganti. Jika terpaksa gunakan hanya untuk suku cadang yang dipasang pada bagian luar atau yang mudah dibongkar dan pilihlah yang berkualitas super atau menyerupai barang Ori.

Meskipun ada yang berlabel KW Super, KW1 maupun KW2 dan KW-KW yang lainnya, barang-barang tersebut tetap saja bukan barang yang direkomendasikan oleh pabrik resmi dari mesin diesel yang sobat gunakan. Akhirnya, sobat sendiri yang akan menentukan untuk memilih pakai sparepart ori atau kw pada mesin diesel sobat dan semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "pakai sparepart ori atau kw"

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel