Ciri-ciri nozzle yang rusak

Sobat-sobat kendhou yang ganteng n syantik...Pada sistem kerja penginjeksian bahan bakar khususnya solar alias diesel, ada sebuah komponen yang memiliki tugas sebagai "striker" dari sekian banyak rangkaian perjalanan bahan bakar. Dimulai ketika bahan bakar dihisap dari tangki, menerobos melewati dua saringan bahan bakar meninggalkan air dan debu kotoran di masing-masing filter, lalu diumpan dengan kuat oleh plunger melewati ketatnya delivery valve yang menjaga tekanan tetap tinggi hingga akhirnya berhasil masuk kedalam ruang bakar.
Nosel atau injector, adalah penyerang utama yang berperan menjadi ujung tombak sehingga bahan bakar dapat masuk ke dalam ruang bahan bakar. Maka kondisi dari injector memang harus benar-benar fit agar pembakaran bisa matang dan menghasilkan tenaga yang optimal. Banyak kasus berkurangnya (bahkan hampir kehilangan) tenaga pada mesin diesel, susah hidup hingga suara nglatak (kasar) disebabkan oleh komponen ini. Sering kali pertanyaan yang sama dilontarkan sobat-sobat saya sesama mekanik (mesin) dan pelanggan, bagaimana ciri-ciri nosel rusak?

Menurut saya itu adalah sesuatu yang wajar dan memang sudah seharusnya kita tahu mengenai ciri-ciri yang timbul bila ada kerusakan pada nosel. Di bawah ini adalah beberapa tanda-tanda yang dapat sobat periksa sendiri untuk mendeteksi nosel mesin diesel sobat. Beserta tips-tips untuk lebih meyakinkan pada hasil deteksi awal, tetapi jangan lupa ya... Bila ternyata nosel sudah rusak, sebaiknya langkah perbaikan sobat serahkan kepada ahlinya.

Gejala-gejala / tanda-tanda

1. Nosel Menetes

Bahasa yang paling umum adalah "ngencing", yaitu dimana nosel gagal mengabutkan bahan bakar dengan sempurna. gejala-gejala yang ditimbulkan adalah:
asap putih pada saat mesin masih dingin (umumnya di pagi hari), saat mesin panas asap berubah hitam/normal
  • Terkadang mesin menjadi agak susah dihidupkan ketika dingin tetapi mudah setelah mesin dipanaskan beberapa saat
  • Pincang (bergetar) di kala pagi, efek getar berkurang setelah mesin panas
  • Angkatan gas menjadi kurang "spontan" dengan sedikit pincang disertai asap putih setelah gas dilepaskan.
2. Nosel macet

Akan terdengar suara ngelatak yang cukup keras saat rpm mesin naik, semakin cepat putaran mesin maka semakin kencang efek suara yang ditimbulkan. Suara tersebut seakan menghitung satu persatu (tidak terlalu rapat) dan menyerupai gejala kerusakan metal mesin.

Cara mencari nosel yang mana yang mengalami kerusakan ini cukup mudah, naikkan rpm mesin hingga terdengar suara ngelatak lalu tahan putaran mesin pada rpm tersebut, kemudian kendurkan satu persatu selang nosel (selang dari pompa injeksi ke nosel/selang bertekanan tinggi) secara bergantian dan jika suara ngelatak hilang saat selang dikendurkan berarti nosel tersebut macet. Mudah bukan?

3. Nosel buntu

Beberapa orang terkadang salah menafsirkan bahwa nosel buntu dan nosel macet adalah hal yang sama. Padahal sangat berbeda meskipun ada gejala yang hampir mirip karena pada beberapa kasus nosel buntu juga mengeluarkan efek suara yang sama (ngelatak) saat putaran mesin mulai naik hingga tinggi. Perbedaannya akan sobat ketahui pada bagian fisik nosel.

Tanda lain yang diakibatkan oleh nosel buntu adalah hilangnya tenaga mesin diesel karena ada silinder yang tidak bekerja (tidak terjadi pembakaran). Terkadang tampak normal saat idle, tetapi akan terasa ketika putaran mesin dinaikkan, mesin diesel sulit mencapai rpm tertinggi dan ngempos saat digunakan.

Ciri-ciri fisik

Berikut ini adalah ciri-ciri secara fisik dan hasil yang bisa dilihat saat dicoba menggunakan nozzle tester untuk mengetahui apakah nosel sudah kurang/tidak layak pakai dan harus segera diganti.

1. Nosel kencing

- Ada cekungan pada ujung badan nosel (normalnya adalah rata), ini terjadi pada nosel tipe single hole (bukan jomblo hole lho ya...)

- Ada retakan bahkan pecah pada bagian ujung badan nosel sehingga bahan bakar keluar dengan sangat mudah tanpa tertekan. Ini sering terjadi pada tipe multiple hole.

- Fisik normal tetapi tidak bisa mengabutkan dengan benar meski sudah dibersihkan, nosel harus diganti karena sudah ada celah antara ujung jarum nosel dengan badan nosel.

2. Nosel macet

Secara fisik sangat jelas terlihat dan mudah diketahui karena jarum nosel tidak dapat dilepaskan dari badan nosel meski menggunakan tang. Sebaiknya diganti jika sobat mengalami hal seperti ini, karena nosel akan mudah macet kembali meskipun sudah dilepaskan (jarumnya) dan dibersihkan.

3. Nosel buntu

Hanya bisa dilihat dengan jelas menggunakan nozzle tester, bahan bakar solar tidak dapat keluar dari lobang penyemprot sama sekali dan tekanan pada tester tidak terukur. Lihat pada cara menyetel injector atau nosel

Catatan: Pastikan tidak ada ring tambahan pada spring penekan, dan coba semprot badan nosel untuk mengetahui apakah ketidak mampuan nosel mengeluarkan bahan bakar karena setelan tekanan yang terlalu tinggi atau memang karena lobang penyemprot yang buntu.

Itulah beberapa ciri-ciri secara fisik dan tanda-tanda untuk mengetahui kerusakan-kerusakan yang terjadi pada nosel. Semoga apa yang saya tuliskan pada artikel ini dapat bermanfaat dan membantu permasalahan yang sobat alami. Jika ada yang belum dipahami atau pertanyaan lain, serta masukan-masukan mengenai topik ini, sobat dapat menuliskannya di kolom komentar yang disediakan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-ciri nozzle yang rusak"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel