memasang 2 iklan di tengah artikel sesuai paragraf

Sobat kendhou sekalian, menjadi seorang blogger sepertinya sudah bukan hal yang mengherankan saat ini. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya situs-situs blog yang bermunculan dengan beraneka topik atau biasa dikenal di kalangan blogger sebagai niche. Bahkan dengan nama-nama yang hampir mirip atau sama, hal semacam itu kita sudah bisa memakluminya karena nama sebuah situs atau blog juga merupakan bagian dari kata kunci yang akan sangat membantu agar situs atau blog lebih mudah ditemukan di mesin pencari dan benar-benar sesuai dengan topik yang diangkat oleh blog.
memasang 2 iklan di tengah postingan
Kenapa sekarang semakin banyak yang berminat untuk membuat sebuah blog atau bahkan memiliki beberapa blog sekaligus? iya ya, kira-kira kenapa ya?

Alasannya bisa bervariasi sob, mulai dari sekedar berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan, dokumentasi hingga sebagai lahan penghasilan. Ada banyak keuntungan menjadi seorang blogger, salah satunya ya... yang saya sebutkan terakhir tadi, sebagai lahan penghasilan dengan bermacam-macam cara. Ada yang membuat sebuah blog toko online untuk memasarkan produk mereka atau orang lain dan ada juga yang sebagai penayang iklan dari jaringan periklanan tertentu.

Dari dua contoh diatas, blog atau situs toko online sudah bisa dipastikan alasan utamanya adalah bisnis, benar-benar murni bisnis. Sedangkan blog penayang iklan berbeda, sebagian memang telah menjadikan blogging sebagai mata pencahatian utama yang tentunya telah memiliki penghasilan bulanan dengan nominal wah (sudah banyak lho blogger indonesia yang penghasilannya telah menembus angka puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya), dan sebagian lainnya menganggap hasil dari iklan sebagai penghasilan tambahan atau bisa juga dianggap sebagai bonus dari membuat blog.

Sobat yang sudah diterima oleh Google Adsense sebagai publisher tentu paham bahwa pemasangan iklan dalam sebuah halaman blog tidak lagi dibatasi jumlahnya, BERAPAPUN...!!! mantap kan???!! bisa dipasang sebanyak-banyaknya dong kalau begitu?  agar peluang meraup pundi-pundi rupiah atau dollar lebih besar dan semakin meningkat penghasilannya...

EITT...!!! Tunggu dulu sob... jangan terbawa nafsu ya, kenapa???
Karena bagaimanapun, pengalaman user atau pengunjung blog adalah hal yang utama dan hal ini tidak bisa dikesampingkan. Sesuaikan dengan isi halaman blog agar tidak terkesan bahwa blog lebih dominan iklan daripada konten. Dimana lokasi yang paling tepat untuk iklan? jawabannya sudah pasti di dalam artikel, lalu header terakhir adalah sidebar. Tulis di kolom komentar ya sob kalau ada pendapat yang lain, hehe...

Berhubung sekarang jamannya mobile, dimana mayoritas pembaca adalah pengguna perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet maka saya akan kesampingkan pemasangan unit iklan di sidebar. Berarti tinggal pemasangan di dalam artikel dan header, bagaimana cara memasangnya? Sangat mudah sob, untuk bagian header kita tinggal copas kode iklan dari GA ke dalam widget header, untuk pemasangan di dalam artikel kita harus parsing terlebih dahulu kode iklan yang didapat untuk parse kode iklan bisa sobat lakukan Disini, cara pasangnya bisa sobat baca beberapa cara dibawah ini :

Salah satu dari beberapa cara pemasangan iklan di dalam postingan diatas cukup menggiurkan dan menggoda untuk dipraktekkan, yup... betul sekali sob. pemasangan 4 iklan didalam artikel yang berarti 1 iklan di bagian awal artikel atau di bawah judul, 1 iklan di bagian akhir artikel dan 2 iklan di tengah artikel. Kenapa menggoda? logikanya adalah semakin banyak iklan yang muncul di dalam postingan peluang mendapatkan klik semakin besar, karena akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat terlihat oleh pembaca.

Tapi bagi blog yang sering membagikan tutorial editing atau kostumisasi dengan menyertakan script-script tertentu (apalagi script panjang) cara diatas cukup mengganggu karena iklan dapat menutupi beberapa bagian dari script yang dibagikan. Solusinya bagaimana dong kalau begitu??? Kita gunakan cara memasang 2 iklan di tengah artikel sesuai paragraf saja, bukan menurut posisi bagian artikel (1/3, 1/4, 1/5, 2/5 dan lain-lain).

Cara pemasangannya sangat mudah kok sob, tinggal ikuti saja langkah-langkah di bawah ini sampai selesai :

1. Buka halaman administrator blogger sobat, pilih menu Tema / Template > Edit HTML

2. Cari kode <data:post.body/> , gunakan Ctrl+F agar lebih mudah dan cepat.
Catatan : ada beberapa kode yang mirip, jumlahnya tergantung template yang digunakan tetapi biasanya ada pada kode yang terakhir (paling bawah).

3. Salin dan tempelkan (copas) kode ini menggantikan kode <data:post.body/> tersebut.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
  <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
    <div id='ad-script1'>
      <div style='clear:both;'>
---KODE IKLAN YANG SUDAH DIPARSE---
</div>
    </div>
    <div id='ad-script2'>
      <div style='clear:both;'>
---KODE IKLAN YANG SUDAH DIPARSE---
</div>
    </div>
  </b:if>
</b:if>
<div id='tgt-post'>
  <data:post.body/>
</div>
<script type='text/javascript'>
  function insertAfter(tbh,tgt) {
  var prt = tgt.parentNode;
  if (prt.lastChild == tgt) {prt.appendChild(tbh);}
  else {prt.insertBefore(tbh,tgt.nextSibling);}}
  var tgt = document.getElementById(&quot;tgt-post&quot;);
  var adps1 = document.getElementById(&quot;ad-script1&quot;);
  var adps2 = document.getElementById(&quot;ad-script2&quot;);
  var prgf1 = tgt.getElementsByTagName(&quot;br&quot;);
  var prgf2 = tgt.getElementsByTagName(&quot;p&gt;&quot;);
  if (prgf1.length &gt; 0) {insertAfter(adps1,prgf1[3]);}
  if (prgf2.length &gt; 0) {insertAfter(adps1,prgf2[3]);}
  if (prgf1.length &gt; 0) {insertAfter(adps2,prgf1[8]);}
  if (prgf2.length &gt; 0) {insertAfter(adps2,prgf2[8]);}
</script>

Keterangan :
  • ---KODE IKLAN...--- adalah kode iklan google adsense sobat yang sudah terlebih dahulu sobat parse
  • Angka 3 berarti iklan tengah artikel pertama akan muncul setelah paragraf ketiga, rubah sesuai keinginan sobat
  • Angka 8 artinya iklan tengah artikel kedua akan terlihat setelah paragraf kedelapan, rubah jika memang diperlukan.

4. Jangan lupa klik Simpan Tema / Template jika sudah selesai.

Sekarang sobat dapat melihat hasilnya, bagaimana? sangat mudah bukan? Jika sobat mengikuti petunjuk langkah-langkah diatas dengan benar maka akan ada 2 iklan yang muncul di tengah-tengah artikel blog sobat. Semoga dengan menggunakan cara ini penghasilan adsense sobat semakin bertambah.

Itulah postingan saya mengenai cara memasang 2 iklan di tengah artikel sesuai paragraf yang diinginkan, semoga tulisan yang sederhana dapat dimengerti dan memberikan manfaat bagi sobat-sobat sekalian. Terus belajar, belajar dan berbagi...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "memasang 2 iklan di tengah artikel sesuai paragraf"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel