Service injeksi Mitsubishi L300

Sobat kendhou yang cakep-cakep, Mitsubishi L300 merupakan sebuah kendaraan niaga ukuran kecil - sedang yang cukup populer di kalangan pengusaha Indonesia, ukurannya yang lumayan besar bagi kendaraan berjenis pick up sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan mobil pick up yang sanggup memuat banyak barang sekaligus. Menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga sudah pasti lebih menguntungkan karena harga bahan bakar yang lebih murah, tenaga yang lebih tangguh dibandingkan mesin bensin plus konsumsi bahan bakar yang irit, siapa yang tidak tertarik??? tidak percaya?? sebenarnya ada banyak alasan kenapa memilih kendaraan diesel tapi tidak akan saya bahas disini ya sob....

memperbaiki injeksi L300
Bagi pengusaha dengan aktivitas usaha di daerah perkotaan dan daerah-daerah dengan akses jalan yang kecil, mobil seperti L300 layak menjadi pilihan. Agar kendaraan tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, perawatan sudah tentu harus dilakukan secara rutin, hal ini juga bertujuan agar performa mesin diesel tetap terjaga. Perawatan dan perbaikan yang benar bukanlah suatu pilihan melainkan sebuah keharusan.

Melakukan perawatan mesin diesel ada beberapa hal yang mesti sobat perhatikan agar tidak terlewatkan, kalibrasi pompa injeksi, setting nosel, setel klep mesin, filter-filter (solar dan udara) hingga selang-selang supply bahan bakar dari tangki sampai pompa injeksi.Beberapa hal dapat sobat lakukan sendiri dan beberapa yang lainnya sangat disarankan untuk dikerjakan oleh ahlinya saja.

Karena profesi saya adalah mekanik fuel injection pump repair maka saya lebih fokus pada bagian pompa injeksi dan nosel, bukan pada bagian mesin jadi saya sangat mengharapkan kemaklumannya jika artikel ini hanya mengenai langkah-langkah dalam merawat dan memperbaiki injeksi mitsubishi L300 dan nosel saja. Langsung cuss ke topik postingan ya sob...

Membongkar Pompa Injeksi dan Nosel. Agar lebih mudah, kita urutkan dengan benar proses pembongkaran keduanya dari mesin. Yang dilepas terlebih dahulu adalah Nosel atau Injector kemudian pompa injeksi diturunkan setelahnya, begini cara melepasnya...


1. Siapkan peralatan-peralatannya yang berupa :
  • Kunci Pas 17mm
  • Kunci Ringpas 8mm dan10mm
  • Kunci Shock 17mm dan 21mm/22mm (karena ada 2 macam ukuran yang terdapat pada nosel Mitsubishi L300)
  • Obeng plus dan minus
  • Tang

2. Gunakan kunci 8mm atau 10mm untuk melepaskan klem pada selang nosel.

3. Lepaskan selang dari nosel dan pompa injeksi menggunakan kunci pas 17mm.

4. gunakan tang atau obeng untuk melepaskan selang pengembalian solar nosel dari selang pengembalian yang terpasang pada pompa injeksi.

5. Lepaskan selang pengembalian solar yang terpasang pada nosel menggunakan kunci shock 17mm.

6. Lepaskan nosel dari cylinder head (deksel) menggunakan kunci shock 21mm / 22mm. Nosel sudah terlepas dan siap untuk diperiksa.

Menurunkan Pompa Injeksi

1. Alat-alat yang digunakan adalah:
  • Kunci Ringpas 10mm, 12mm, 14mm, 17mm dan 19mm
  • Tang dan obeng
  • Cermin kecil
  • Kunci T 12mm yang sudah dimodifikasi
  • Palu

2. Lepaskan semua yang mengikat pompa injeksi pada mesin dan bagian-bagian yang menempel dan menutupi proses pelepasan pompa injeksi (plat dudukan PI, selang bahan bakar, seling gas serta kabel-kabel yang melekat pada PI), gunakan kunci 10mm, 12mm, 14mm, 17mm, tang dan obeng. Sisakan 2 baut yang mengikat PI pada cover timer.

3. Buka cover timer bagian depan (plastik) menggunakan kunci ringpas 10mm lalu putar poli kruk as menggunakan kunci 19mm agar semua gigi timer berada tepat pada posisi TOP. Lihat tanda yang terdapat pada semua gigi timer dan cover timer. Jangan lupa untuk mengintip posisi derajat timing PI menggunakan cermin kecil.

4. Jika TOP sudah tepat sekarang lepaskan mur pengancing as / shaftdrive PI menggunakan kunci 19mm. Setelah itu lepaskan 2 mur 12mm yang mengikat PI dengan cover menggunakan kunci ringpas 12mm dan T 12mm yang sudah dimodifikasi (dipotong salah satu pegangan T sehingga menyerupai huruf L, sekarang kita bisa menyebutnya kunci palang L hehehe...)

5. Pasang mur 19mm pada shaft drive PI, sejajarkan dengan ujung shaftdrive. Pukul mur tersebut menggunakan palu agar PI dapat terlepas dari gigi timer.

6. Pompa Injeksi sudah dapat dilepaskan dari mesin. Tarik PI ke arah belakang untuk melepaskannya dari gigi timer lalu angkat dan keluarkan.

Sekarang Pompa Injeksi dan Nosel sudah siap untuk diperbaiki, untuk pengerjaanya sebaiknya sobat percayakan kepada bengkel atau mekanik ahlinya. Sembari menunggu Pompa Injeksi dan nosel selesai diperbaiki sobat dapat melepaskan filter solar dan priming pump, sebaiknya ganti filter dengan yang baru dan pastikan priming pump masih bagus keadaanya. Periksa juga keadaan busi pemanas ya sob.

Sebagai catatan bahwa "penyakit" yang kerap terjadi pada Mitsubishi L300 adalah nosel yang kurang bagus dalam pengabutan bahan bakar, jika setelah dibersihkan masih belum dapat mengabutkan solar (ada tetesan solar mentah atau kencing) dengan optimal sebaiknya diganti.

Cara menurunkan pompa injeksi dan nosel yang saya tuliskan diatas semoga dapat memberikan manfaat dan membantu sobat untuk mempelajari cara service injeksi Mitsubishi L300 dari dasar, sekaligus sebagai pengalaman karena cara diatas dapat juga diterapkan untuk menurunkan pompa injeksi Kuda dan sejenisnya.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Service injeksi Mitsubishi L300 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel