Cara bongkar pompa injeksi PS

Mitsubishi Colt Diesel merupakan salah satu kendaraan niaga paling populer sejak dulu, baik itu PS (100/120/135) hingga Canter 110/125 dan lainnya. Digunakan oleh hampir semua pengusaha dengan bentuk bisnis yang bermacam-macam, baik yang di perkotaan hingga di pedesaan. Dengan layanan yang sangat lengkap, dealer penjualan di hampir semua kota dilengkapi dengan bengkel service dan berbagai layanan lainnya.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara bongkar pompa injeksi PS, kenapa PS? karena menurut saya ini adalah tipe kendaraan niaga dan komersil (bus dan truk) yang paling banyak ditemui dimanapun sampai saat ini. Mitsubishi sangat berhasil memasarkan mesin Colt Diesel dengan bukti nyata bahwa kendaraan jenis ini paling diminati dibandingkan kompetitornya (menurut saya lho ini, kalau sobat punya pendapat lain monggo dishare di kolom komentar ya...)

Pada artikel-artikel terdahulu saya telah beberapa kali mengulas mengenai produk pabrikan berlogo tiga berlian yang satu ini. Beberapa diantaranya dapat sobat periksa pada daftar dibawah ini


Serta ada lagi yang lainnya yang dapat sobat cari sendiri pada daftar isi blog kecil ini. Alasan kenapa saya banyak membahas mengenai colt diesel karena pada kenyataannya ini adalah tipe kendaraan yang paling mudah ditemui dan pastinya menjadi yang paling sering dilihat di bengkel-bengkel. Kita langsung saja ya sob...

Persiapkan alat-alat tempurnya

1. Kunci Treker untuk Gigi timer, Tappet dan Bushing governor

2. Kunci T 10mm

3. Kunci Ringpas 10mm, 14mm dan 19mm

4. Kunci Ring 22mm

5. Kunci Shock 12mm

6. Obeng minus ( - )

7. Tang Lancip

8. Kunci Governor (plat tebal yang sudah dimodifikasi)

Cara pengerjaan

1. Lepaskan mur gigi timer menggunakan kunci shock 12mm lalu lepaskan cover timer dengan kunci ringpas 14mm

2. Lepaskan priming pump, cover plunger dan klem holder menggunakan kunci T 10mm dan ringpas 10mm kemudian lepaskan housing fuel load adjuster dan cover rack belakang dengan kunci T 10mm

3. Buka housing governor (cover belakang) dengan kunci T10mm dan ringpas 10mm, jangan lupa untuk melepaskan spring gas terlebih dahulu

4. Lepaskan klip batang rack menggunakan obeng minus lalu lepaskan housing governor

5. Lepaskan Sliding bolt menggunakan kunci T 10mm dan ringpas 10mm, beberapa pompa injeksi terbaru menggunakan tang untuk membuka klik as sliding bolt.

6. Lepaskan governor (flyweight) menggunakan kunci khusu governor (bisa menggunakan plat tebal modifikasi), lalu lepaskan bushing governor menggunakan treker.

7. Pasang paku pada lubang yang tersedia di setiap tappet untuk menahan agar tappet tidak turun dan menekan camshaft. Lepaskan camshaft dengan kunci T 10mm.

8. Buka mur tutup tappet (di bawah) menggunakan gagang kunci shock lalu lepaskan tappet menggunakan treker.

9. Keluarkan tappet, spring plunger, plunger dan control sleeve + ring dari pompa injeksi.

10. Gunakan kunci ring 22mm untuk melepaskan holder lalu keluarkan Delivery valve dan barrel plunger dari pompa injeksi.

11. Lepaskan cover as rack depan menggunakan kunci ringpas 19mm

BERES... Pompa Injeksi PS sudah berhasil dibongkar seluruhnya, sekarang tinggal mencuci semua bagian sampai bersih dan ganti jika ada suku cadang yang sudah tidak layak pakai seperti plunger dan delivery valve yang sudah aus, karet damper serta packing set. Jangan lupa memeriksa keadaan bearing camshaft dan juga stanggas ya sob.

Sobat juga bisa cek di video berikut ini bila ingin yang lebih jelas secara visual
 

Itulah tips cara bongkar pompa injeksi PS yang dapat saya bagi pada kali ini, untuk pemasangan lakukan kebalikan langkah-langkah diatas. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian dan para pembaca yang setia...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara bongkar pompa injeksi PS"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel