Cara membuat ring nosel anti bocor

Sobat-sobat kendhou yang masih setia membaca artikel-artikel sederhana saya, pada postingan ini saya menuliskan tentang cara membuat ring nosel anti bocor karena saya yakin sobat pasti bisa melakukannya sendiri karena tidak memerlukan alat yang banyak, mahal dan susah ditemui. Apalagi jika sobat berada di daerah yang cukup jauh dari bengkel mesin maupun bengkel pompa injeksi, cara ini dapat membantu sobat menangani masalah yang terjadi pada mesin diesel sobat.
cara mengatasi kebocoran selang nosel
Rembesan solar pada mesin diesel bisa terjadi pada beberapa titik atau bagian, salah satunya adalah selang nosel bertekanan tinggi. Kebocoran atau rembesan bisa terjadi pada bagian antara selang dengan holder maupun bagian diantara selang dengan nosel. Solusi yang umum dihunakan untuk menangani masalah ini adalah dengan menambahkan sealtape ataupun benang pada drat holder, drat nosel maupun pada selang tersebut.

Bagaimana jika kedua cara diatas gagal?
Pemasangan ring diantara holder dan selang ataupun diantara nosel dan selang bisa menjadi obat yang bisa diandalkan untuk membereskan "penyakit" ini. Ring yang digunakan harus berbentuk mangkuk sesuai dengan bentuk ujung selang sehingga dapat terpasang dengan rapat pada cekungan yang terdapat di ujung holder dan pangkal nosel.

Kalau ada yang jual ring mungkin akan mempermudah pengerjaan, tetapi jika tidak ada yang jual maka solusi terbaik adalah membuatnya sendiri. Dan sssst..... alatnya gampang kok sob, kita hanya tinggal mencari satu saja yaitu ring yang sesuai ukurannya dengan nosel ataupun holder. Yang lainnya sudah pasti ada, karena selain ring yang seukuran holder sobat hanya menggunakan nosel dan selangnya serta ragum / tanggem dan 1 kunci pas. Sederhana kan alat-alatnya...?

Agar tidak bingung.... ini adalah alat-alat yang digunakan :
  • Ring (yang akan kita jadikan penyembuh kebocoran)
  • Nosel
  • Selang nosel
  • Kunci pas (sesuai ukuran mur selang nosel)
  • Ragum atau tanggem
Jika semua alat tempur sudah siap, pasang nosel di ragum dengan bagian inlet bahan bakar menghadap keatas.Tujuannya agar ring yang akan dirubah tidak jatuh saat dipasang pada nosel di ragum, hehehe...

Sekarang gunakan selang nosel untuk mencetak ring cekungnya, pasang pada nosel yang telah ada ringnya. Penggunaan selang harus lurus agar hasil jadi bisa sempurna, karena jika pemasangan selangnya miring, seringkali ring yang dibuat menjadi kurang simetris cekungannya sehingga ring tidak bisa dipakai.

Setelah selang bisa dikencangkan dengan tangan, gunakan kunci pas untuk menambah tekanan pada ring agar proses pencetakan bisa berhasil. Setelah kunci terasa berat, buka selang dan lihat hasilnya. Jika cara pembuatan dilakukan dengan benar, maka.... Tara....!!!!

Ring sudah berhasil dibuat dan siap digunakan untuk menyembuhkan rembesan yang terjadi. Jika telah menggunakan ring seperti ini masih terjadi kebocoran atau rembesan, segera periksa bagian ujung selang maupun holder dan nosel. Ada kemungkinan permukaan selang, nosel/injector atau holder tidak rata atau cacat. Sebaiknya ganti bagian yang cacat dengan segera.

Untuk tahu lebih jelas mengenai proses cara membuat ring nosel anti bocor ini, sobat dapat melihat video di bawah ini


Sekian artikel yang dapat saya tuliskan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi sobat-sobhat kendhou yang membaca. dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membuat ring nosel anti bocor"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel