Kiat sukses membuka sebuah usaha

Siapa yang tidak ingin menjadi sukses? Pasti semua orang menginginkannya, meskipun memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam menilai sebuah kesuksesan. Dan menurut sebagian besar dari mereka yang pernah berbincang dan melakukan sharing dengan saya, menjadi wiraswastawan adalah pilihan terbaik. Bahkan saya sendiri mengamininya karena memang sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Adakah tips menjadi wiraswastawan agar bisa sukses?
kiat sukses membuka usaha

Tak masalah jika ada yang beranggapan bahwa menjadi karyawan suatu perusahaan, pegawai suatu instansi (pemerintah, perbankan dan lain-lain) bahwa profesi mereka cukup menjanjikan. Pada kenyataanya memang banyak pegawai yang sukses, karyawan yang berhasil mencapai banyak impiannya. Bagaimanapun setiap orang berhak memiliki pendapat masing-masing.

Ada kelebihan dan kekurangan di setiap profesi, pun dengan pekerjaan yang dijalani. Seorang karyawan atau pegawai lebih memiliki jaminan penghasilan bagaimanapun keadaan pekerjaan, karena gaji bulanan sudah menjadi hak baginya. Berbeda dengan seorang pengusaha (kecil hingga besar) yang penghasilannya tidak menentu tergantung dari banyaknya (hasil) pekerjaan. Terkadang melimpah tapi terkadang juga sedikit bahkan mungkin nombok alias tekor.

Seorang karyawan atau pegawai melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas yang diberikan oleh atasan atau bos, selama jam kerja / waktu yang ditentukan dan siap menerima sangsi (ringan hingga berat / terberat) jika terjadi kesalahan maupun pelanggaran. Sedangkan seorang wiraswastawan melakukan pekerjaan dengan waktu yang dapat diatur sendiri olehnya, bukan oleh orang lain tanpa ada sangsi (apalagi dipecat, hihihi...) bila terjadi suatu kehilafan dan kesalahan.

Tapi fakta yang terjadi di lapangan adalah, tidak semua pemilik usaha wiraswasta dapat merasakan yang namanya kesuksesan. Beberapa orang dapat menjadi pengusaha yang berhasil mendapatkan sebuah pencapaian besar dalam berbisinis hingga memperbesar usahanya dan memperluas jangkauan usahanya. Sebagian lagi hanya sanggup bertahan dan berjalan seadanya, lalu sebagian yang lainnya harus menelan pil pahit dan berulang kali mengalami jatuh bangun serta mencoba usaha-usaha baru sebagai pengganti.

Kenapa bisa gagal? Kenapa usaha bukannya maju tapi malah semakin merosot? Kenapa semua tidak sesuai dengan yang diharapkan? Kenapa usaha sangat sepi? Kenapa susah mendapatkan income? dan kenapa-kenapa yang lainnya...
GURU TERBAIK ADALAH PENGALAMAN dan PELAJARAN TERBAIK ADALAH KEGAGALAN YANG TERAKHIR
Untuk mendapatkan guru terbaik, tidak perlu harus mengalami sendiri berjalan tertatih-tatih, tersandung, jatuh bangun bahkan masuk kedalam sebuah "lobang" kegagalan. Pelajaran berharga dapat dipetik dari pengalaman orang lain, mempelajari pengalaman orang lain bisa kita lakukan untuk mendapatkan pencerahan dan menghindari kesalahan yang sama agar tidak kita rasakan.

Bagi sobat yang hendak membuka suatu usaha, apapun bentuk usaha tersebut harus memperhitungkan beberapa hal yang akan saya tuliskan dan jelaskan dibawah ini. Hal ini juga berlaku bagi sobat yang telah menjalankan suatu usaha yang mungkin sedang bingung memikirkan kenapa, kenapa, dan kenapa yang masih saja hinggap dengan PW (Posisi Wenak) di dalam pikiran.
Apa saja kiat-kiat alias tips sukses dalam membuka suatu usaha? Simak baik-baik ya sob...

1. Cintai Pekerjaan

Ini adalah cara yang terlebih dahulu harus sobat lakukan, karena mencintai pekerjaan adalah yang paling penting sekaligus kunci utama agar pekerjaan bisa dijalani dengan baik. Bagaimana sobat dapat memberikan hasil maksimal jika melakukan suatu pekerjaan dengan terpaksa atau ogah-ogahan? Bagaimana sobat dapat berpikir untuk berkembang dan mengembangkan jika usaha yang dibuka tidak memberikan "kenyamanan" bagi diri sobat?

Hal yang harus selalu ada dalam suatu usaha adalah produktifitas, jika kita mencintai pekerjaan kita dan bekerja dengan sukacita maka kita dapat terus menjadi produktif. Pelayanan akan menjadi baik, hasil pekerjaan bisa semaksimal mungkin dan tentunya tidak ada keterpaksaan dan juga keluhan selama bekerja. Menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna menjadi target jelas jika kita bekerja dengan senang hati, menjalani proses dengan semangat yang selalu menyala.
Usaha yang paling tepat dijalani adalah usaha yang sesuai dengan minat, bakat dan hobi atau kesenangan
2. Pelajari

Seorang pengusaha harus bisa mengerti tentang usahanya dan pekerjaan di dalamnya, agar dapat berperan aktif dalam menjalankan usaha serta bisa tahu langkah yang harus diambil untuk pengembangan usahanya. Setidaknya dapat memantau pekerjaan karyawan dan membantu menyelesaikan suatu pekerjaan.

Jika sobat dapat menangani semua pekerjaan yang berkaitan dengan usaha sobat, maka tidak akan ada kekhawatiran ketika karyawan tidak dapat bekerja (sakit, izin atau bahkan keluar). Tidak perlu khawatir seandainya karyawan sobat tidak bekerja. Pelajari dan mengerti segala hal yang berhubungan dengan usaha atau pekerjaan, bersiaplah untuk berangkat menjemput keberhasilan.

Sobat bisa mengikuti kursus, sharing pengalaman, atau bahkan melakukan survey mengenai jenis usaha yang sobat minati dan jalani. Apalagi di jaman teknologi yang sudah maju, mencari referensi untuk apapun bukanlah hal yang sulit. Just keep watching guys...

3. Lokasi Strategis

Sobat membuka usaha perdagangan (toko, kios, makanan dan lain-lain), usaha bidang jasa (bengkel, membuat furniture, dan jasa lainnya) atau bentuk usaha-usaha yang lainnya, pastikan bahwa lokasi dari usaha sobat adalah lokasi yang tepat dan mudah menjangkau target usaha.

Lokasi yang strategis akan memudahkan pelanggan menemukan tempat usaha sobat, mudah untuk diingat dan memperbesar peluang terjadinya transaksi atau proses kerja. Hal ini dapat kita lihat bagaimana para pengusaha yang sukses berani untuk menyewa atau bahkan membeli dengan harga mahal suatu lokasi, tidak lain dan tidak bukan karena lokasi tersebut sangat berpotensi dan strategis.

4. Modal Usaha

Kita sudah mengerti dengan seluk beluk profesi kita, mencintai perkerjaan kita dan mendapatkan lokasi yang tepat sebagai tempat usaha, tapi belum sanggup memberikan kepuasan sepenuhnya kepada seluruh pelanggan yang ada, hanya sebagiannya saja karena kurangnya modal. Bagaimana orang / pelanggan menilai profesionalime kita?

Modal merupakan sebuah keharusan untuk dapat memulai sebuah usaha, dan diperlukan untuk dapat mengembangkan usaha yang berjalan serta penting untuk menjaga usaha tetap dapat memberikan pelayanan dan hasil yang optimal bagi pelanggan.

5. Nama Usaha

Apalah arti sebuah nama... Kalimat ini tidak bisa kita gunakan dalam memulai sebuah usaha. Mungkin benar orang atau pelanggan akan lebih memperhatikan hasil kerja dibandingkan nama usaha. Tetapi bagaimanapun juga, sebuah nama sangat penting untuk dipikirkan dengan sangat matang sebelum digunakan.

Pikirkan sebuah nama usaha yang mengandung makna di dalamnya (falsafah, gabungan inisial atau potongan nama dan lain-lain) yang dapat mewakili usaha atau perusahaan sobat. Jika memungkinkan pertimbangkan juga bahwa nama tersebut dapat diingat dengan cukup mudah oleh pelanggan.

6. Publikasi

Di era serba canggih ini, melakukan langkah publikasi bukanlah hal yang sulit. Sobat dapat memanfaatkan beberapa situs jejaring sosial yang sudah populer, menggunakan layanan media penyiaran yang ada (cetak, televisi, radio, media online dan lainnya) hingga menggunakan bantuan jaringan periklanan berbasis online yang banyak tersedia.

Cara yang biasa dilakukan adalah dari mulut ke mulut, selebaran yang dibagikan hingga pemasangan spanduk atau banner. Publikasi adalah cara agar usaha dapat lebih cepat dan mudah dikenal oleh orang lain atau calon pelanggan. Pilihlah dengan bijak mana saja yang dapat sobat gunakan.

Itulah beberapa kiat sukses membuka sebuah usaha yang dapat saya tuliskan. Banyaknya bentuk usaha yang ada mungkin memberikan kita kesempatan untuk memulainya, tetapi dengan adanya persaingan yang semakin ketat mengharuskan kita untuk lebih siap berkompetisi. Tidak setiap orang bisa dengan mudah mendapatkan peluang, tapi kita masih bisa berusaha menciptakan peluang. Jangan takut gagal karena kegagalan selalu memberikan pelajaran berharga.
Buang kata menyerah dalam kamus hidup sobat, karena hidup ini juga tentang perjuangan.
Salam Sukses dan....
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kiat sukses membuka sebuah usaha"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel