Cara memasang pompa injeksi ps

Sobat kendhou  yang masih setia sama blog kecil ini, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips tentang cara memasang pompa injeksi ps colt diesel (100/120/135) ke mesin dengan mudah. Mungkin sobat akan berpikir cara yang saya tuliskan tampak cukup sulit, tapi akan terasa mudah saat dipraktekkan dengan syarat sobat benar-benar memahami apa yang saya jelaskan.

Jika pada salah satu artikel terdahulu saya terdapat penjelasan mengenai cara menurunkan pompa injeksi PS dari mesin diesel, sebagai pelengkap artikel tersebut rasanya lebih tepat jika akhirnya saya memposting hal ini. Bagaimana caranya???

Gampang kok sob, simak baik-baik ya...

Persiapkan alat tempurnya terlebih dahulu ya, tidak jauh berbeda dengan alat-alat yang digunakan untuk melepaskan pompa injeksi dari mesin.

Alat-alat :

  • Kunci Ringpas 10mm
  • Kunci Ringpas 12mm
  • Kunci Ringpas 14mm
  • Kunci Ringpas 17mm
  • Kunci Shock 12mm, 14mm dan 22mm
  • Tang
  • Kunci T 10mm
  • Obeng minus (-) atau plus (+)

Cara memasang pompa injeksi

1.Pastikan top timing benar, sama seperti saat melepaskan pompa injeksi. Karena kesalahan top mesin dapat mengakibatkan mesin tidak bisa dihidupkan bahkan efek terburuknya adalah rusaknya beberapa komponen mesin akibat saling bertabrakan.

2. Masukkan pompa injeksi PS ke cover mesin dengan posisi coakan pada gigi timer berada di tepi atas penanda. Saat dimasukkan penuh coakangigi timer akan tepat berada di tengah penanda. Tinggal kencangkan semua baut cover timer berukuran 12mm. Agar lebih mudah gunakan kunci shock.

3. Pasang plat dudukan di bagian belakang pompa injeksi, 1 mur 14mm pada housing governor dan 2 baut 14mm pada blok mesin. Gunakan kunci Ringpas ya sob...

4. Pasang selang oli, gunakan kunci ringpas 14mm dan 17mm.

5. Pasang nepel selang pemasukan bahan bakar ke feed pump, lebih mudah menggunakan kunci shock 22mm.

6. Pasang seling gas dan choke (pembunuh). Kunci yang digunakan adalah kunci ringpas 10mm dan 12mm.

7. Pasang filter solar atas dan semua nepel bahan bakar. Gunakan kunci shock 14mm untuk baut filter dan kunci 22mm untuk nepel (ringpas dan shock).

8. Sekarang pasang semua nosel. Pakai kunci shock 14mm untuk baut pengancing nosel dan tang atau obeng untuk klam selang overflow nosel.

9. Terakhir pasang selang nosel (bertekanan tinggi) menggunakan kunci ringpas 17mm dan colokan oli memakai kunci ringpas 10mm.

BERES... Pompa injeksi sudah terpasang. Proses awal menghidupkan agak panjang karena bahan bakar belum mengisi selang nosel sob, setelah mesin sudah hidup dijamin akan mudah proses menghidupkan berikutnya.

Bagaimana??? mudah bukan???
Cara ini dapat memangkas waktu dan tenaga cukup banyak karena tidak menggunakan cara yang biasa digunakan oleh mekanik pada umumnya yaitu melepaskan cover timing set, yang pastinya harus terlebih dahulu melepaskan radiator, kipas radiator, poli dan lain-lain.

Jika mesin bisa dihidupkan dengan mudah setelah pompa injeksi terpasang itu berarti sobat sudah berhasil mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar. Jangan lupa share ya biar semakin banyak yang merasakan manfaat dari artikel sederhana ini.

So... begitulah tutorial mengenai cara memasang pompa injeksi PS yang dapat saya tuliskan pada postingan kali ini, untuk lebih jelasnya sobat dapat melihat video di bawah.

Semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat kendhou yang membaca, jika berguna jangan lupa beritahukan pada temen-temennya, saudaranya atau siapa saja...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara memasang pompa injeksi ps"

  1. mas bikin artikel tentang cara menyetel stelan turbo pada pompa injeksi dong mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya, pada pompa injeksi tidak ada setelan turbo sob. Yang ada setelan vakumnya... Hanya memutar baut 12mm di bagian belakang atas. Gunanya untuk menaikkan debit bahan bakar disaat turbo bekerja.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel