Ford Ranger Patah Noken As

Suatu hari seorang pelanggan datang hendak memperbaiki mobil Ford Rangernya yang sedang diderek karena pincang dan kehilangan tenaga. Sambil menunggu mobil yang rusak datang, terjadilah perbincangan ringan mengenai kendala yang terjadi pada mobil tersebut. Tujuan saya tak lain dan tak bukan adalah untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Dari obrolan tersebut, saya dapat informasi bahwa mobil secara mendadak kehilangan tenaga, jangankan untuk membawa muatan bahkan untuk membawa bodynya saja sudah keberatan. Hal itu disertai suara pincang tiada henti dengan asap putih yang mengebul tebal dari knalpot. Untuk sementara saya mengambil kesimpulan telah terjadi kerusakan antara nosel dengan klep atau bahkan keduanya.

Begitu mobil datang, langsung saya periksa sebentar dan mendapatkan bahwa silinder nomer 3 dan 4 tidak bekerja, lalu membongkar semua noselnya (karena kami sepakat untuk memeriksa nosel terlebih dahulu, dengan perhitungan paling mudah dengan cost paling murah). Setelah diperiksa ternyata keempat nosel dalam keadaan bagus, hanya tekanan yang kurang dari ukuran standar dan tidak rata. Akhirnya nosel pun saya pasang kembali ke cylinder head mesin.

Sesuai dengan hasil analisa, saya menawarkan kepada pelanggan untuk memeriksakan mobil tersebut ke mekanik bengkel mesin. Tetapi si empunya bersikeras agar saya yang memeriksa meskipun beliau sudah tahu bahwa ini hanyalah bengkel pompa injeksi, dan demi kepuasan pelanggan saya pun menuruti dengan catatan jika terjadi kerusakan diluar kemampuan saya maka akan saya panggilkan mekanik bengkel mesin. Toh hanya membuka cover klep tanpa harus melepaskan cylinder head.

Dengan disaksikan pelanggan, saya buka cover klep. Saya teliti satu persatu piano klep (rocker arm), saya menemukan satu piano klep telah patah. Oke.... Ini adalah penyebabnya. Tapi sesuatu yang janggal terjadi ketika saya memutar gigi timing noken as (shaft drive). Setengah as bagian depan ikut berputar dan setengah lainnya (bagian belakang) tetap terdiam. OMG... JANGAN-JANGAN!!!!

Apa yang saya pikirkan ternyata benar, Noken As telah PATAH.... Tidak hanya Piano Klep, pantas saja ada 2 silinder yang tidak bekerja. Jika hanya 1 Piano klep yang patah seharusnya hanya 1 silinder saja yang tidak bekerja dengan normal.

PENJELASAN

1. Asumsi antara nosel dengan klep bermasalah

Gejala asap putih dengan suara pincang sekaligus kehilangan tenaga diakibatkan adanya pembakaran yang tidak sempurna, hal ini bisa terjadi antara minyak yang tidak terkabutkan dengan baik (artinya Nosel bermasalah), bisa juga terjadi karena kompresi yang tidak padat, karena kejadiannya mendadak saya berasumsi bahwa yang rusak adalah Klep meskipun ada kemungkinan (kecil) pada ring piston dan liner.

2. Silinder 3 dan 4 tidak bekerja

Cara untuk mengetahui silinder yang bekerja dengan baik dan tidak sangatlah mudah. Kendorkan selang injector atau nosel, jika setelah dikendorkan hingga solar / bahan bakar keluar mengakibatkan suara mesin berubah menjadi lebih kecil bahkan bergetar maka silinder tersebut masih normal, tetapi jika tidak ada perubahan pada suara mesin saat selang dikendorkan itu menandakan ada masalah pada silinder tersebut.

3. Asap putih

Hal ini dikarenakan bahan bakar tidak dapat terbakar dengan sempurna (mentah) sehingga menghasilkan asap putih bukan hitam. Asap putih karena pembakaran yang mentah juga dapat diketahui menggunakan mata, karena bahan bakar yang tidak terbakar sempurna akan membuat mata menjadi perih (beberapa orang menyebutnya pedas).

4. Pincang

Ini adalah efek dari adanya silinder mesin yang tidak bekerja dengan baik. Bayangkan beban 4 silinder diangkat oleh 2 silinder saja. Hal inilah yang mengakibatkan mesin diesel kehilangan tenaga. Sama seperti mobil berjalan dengan 2 roda yang bocor.

Untuk sobat yang ingin mengetahui bagaimana keadaan noken as dan piano klep yang patah, dapat menyaksikan video di bawah ini. Jika ada yang hendak ditanyakan sobat dapat menuliskannya di kolom komentar, semoga sobat-sobat yang lain dapat memberikan jawaban dan keterangan yang lebih jelas jika pertanyaannya diluar kapasitas saya.

Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi sobat kendhou sekalian dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Ford Ranger Patah Noken As"

  1. Mas mw tanya akuh punya mobil strada triton.terus tarikanya awalnya lemot pdhl udah dikalibrasi bosh pumpnya dan jga sdh over houl enginya.tapi tetep aja masih lemot tarikan awalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noselnya sudah diperiksa sob?
      Untuk tarikan awal yang agak lemot kalau dari pompa injeksi biasanya setelan debit minyak yang kurang besar.
      Selain dua hal diatas, sobat bisa buka kembali artikel mengenai menambah tenaga mesin diesel.
      Salam kenal...

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel