Gigi timer Mitsubishi Canter

Bermacam-macam bentuk timer yang digunakan oleh pompa injeksi pada mesin diesel, ada yang menggunakan gigi-gigi yang lurus seperti pada isuzu panther, L300 (menggunakan timing belt), lalu ada yang menggunakan gigi-gigi miring seperti pada Colt Diesel PS dan Canter, ada juga yang menggunakan timer polos (bukan gigi) seperti yang digunakan Hino Ranger, beberapa menggunakan timer dengan gigi suri dimana salah satu gigi menggunakan ukuran yang berbeda seperti pada Toyota Rhino / Dyna 115... Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang gigi timer mitsubishi canter.

Kenapa hanya mitsubishi canter???? bukan yang lainnya.....

Alasannya sangat sederhana, Canter merupakan kendaraan niaga yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dari masyarakat biasa hingga perusahaan besar. Bisa dikatakan bahwa mitsubishi canter merupakan kendaraan niaga / truk terlaris di Indonesia. Dan gigi timer yang terdapat pada pompa injeksi sering rusak, mungkin ada kelemahan produk yang terdapat pada timer sehingga tidak mengejutkan lagi seandainya ada yang mengalami kerusakan pada bagian ini.
Sobat bisa perhatikan gambar diatas, gigi timer sering mengalami patah pada poros timer, bahasa teknik menyebutnya sebagai Hub Assy. Lalu beberapa kasus yang lainnya adalah rusaknya flyweight pada timer, yang sering terjadi adalah pecah. Solusinya sudah tentu mengganti timer yang rusak dengan yang baru atau masih bagus (bekas alias second) meskipun beberapa orang masih mengakalinya dengan bantuan tukang bubut.

Bisakah hub assy timer pompa injeksi canter dibubut?
Jawabannya adalah bisa tetapi saya tidak merekomendasikannya, kecuali di daerah sobat sangat sulit untuk mendapatkan timer pengganti. Saya tidak merekomendasikan karena usia pakai timer yang sudah direkondisi oleh mesin bubut tidak dapat dijamin keawetannya meskipun beberapa bisa bertahan sampai 6 bulan (setengah tahun).

Adakah yang jual timer canter?
Ada dan banyak sekali yang menjualnya, mungkin karena banyaknya kasus kerusakan pada spare part tersebut. Ada banyak pilihan yang bisa sobat ambil, mulai dari timer bekas hingga yang baru dengan status KW 1, KW 2 dan seterusnya... Silahkan tentukan pilihan yang sesuai dengan persiapan biaya dan kata hati sobat hehehe.... LHOH...!!1 KOK GITU???!!!

1. Timer Bekas

Untuk ukuran barang bekas, harga di pasaran masih cukup tinggi untuk timer pompa injeksi canter. Yang dijual di daerah saya umumnya berkisar antara 3.000.000 (tiga juta) hingga 5.000.000 (lima juta) dalam mata uang rupiah ya...

Untuk pemakaian dijamin langsung tokcer setelah dipasang, tapi saya ingatkan untuk meminta garansi kepada penjual. Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi timer yang sesungguhnya, pada kenyataanya kerusakan sering terjadi pada bagian dalam timer bukan bagian luar yang dapat terlihat dengan mata kita.

2. Timer Baru Asli

Sudah bisa dipastikan 100% timer bagus dan dapat langsung digunakan tanpa melakukan perubahan apapun pada pemasangan. Karena ini adalah timer yang dibuat oleh pabrik resmi maka ukuran dan bentuknya benar-benar tepat dan sesuai dengan standar mitsubishi.

Tapi sobat harus siap-siap untuk merogoh kocek cukup dalam karena harganya cukup mengernyitkan dahi (menurut saya), sekitar 10.000.000 (sepuluh juta) sampai 11.000.000 (sebelas juta) rupiah. Bagaimana menurut sobat??

3. Timer baru KW

Sebagai pilihan alternatif bagi sobat yang merasa tidak sanggup untuk membeli timer baru yang asli. Untuk ketahanan bisa lebih awet dari timer bekas karena ini baru. Pilihannya pun ada bermacam-macam lho sob, mulai dari harga 7.000.000 (tujuh juta) hingga 4.500.000 (empat juta limaratus) rupiah. Tentunya dengan merek yang berbeda-beda ya...

Tapi cukup menyusahkan saat pemasangan karena (rata-rata) derajat timingnya berbeda dengan yang asli. Sehingga kita harus merubah top gigi timer (pompa injeksi) yang kita pasang agar mesin dapat hidup dengan normal. Perubahan yang diterapkan pun berbeda-beda, ada yang cukup meloncatkan satu (1) mata dari ukuran standar hingga tiga (3) mata. Hanya sampai tiga karena kasus yang pernah saya alami hanya sampai di tiga mata, jika ada yang mengalami harus merubah lebih dari itu saya mohon maaf, mungkin ada merek lain yang belum pernah saya temui, hihihi...

Kesimpulan

Gigi timer Mitsubishi Canter (pompa injeksi) sering bermasalah (bahkan sudah biasa), bisa diperbaiki dengan bantuan bengkel bubut jika terpaksa meskipun sebaiknya diganti. Kita dapat menggantinya dengan timer bekas bergaransi maupun timer baru dengan kondisi yang berbeda-beda tergantung produsen yang kita pilih.

Gigi timer baru yang asli menawarkan kemudahan pemasangan dan ketepatan ukuran tapi harus ditebus dengan harga yang bisa dikatakan mahal. Sedangkan timer baru yang KW (1,2 dan seterusnya) menawarkan solusi pada sektor harga tapi harus jeli saat pemasangan agar mesin dapat hidup normal.

Pilihan sepenuhnya menjadi hak sobat sebagai pemilik kendaraan, tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang sebelum menentukan pilihan. Semoga apa yang saya tuliskan kali ini dapat memberikan manfaat bagi sobat-sobat kendhou sekalian. Semoga berhasil dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gigi timer Mitsubishi Canter"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel