Yanmar TNV series

Dunia pertanian semakin ramai dengan hadirnya traktor-traktor besar baru, selain pemain lama yang sudah dikenal petani dan pengusaha dari dulu. Sebut saja produk dari Yanmar, Kubota, Iseki, Maxxi dan beberapa nama lainnya yang mungkin belum sempat kita temui. Dan hal ini cukup menantang bagi seorang mekanik seperti saya, contohnya adalah Pompa Injeksi dari pabrikan Yanmar yang akan kita ulas pada postingan ini. Yanmar TNV series.

Sebenarnya tipe ini sudah lama beredar di masyarakat, dengan beberapa varian dan jumlah silinder mesin yang berbeda. Untuk jumlah silinder bisa dilihat pada angka sebelum kode mesin, sedangkan tipenya terdapat pada angka setelahnya. Contohnya adalah 3TNV88 dengan 4TNV88, 4TNV94 dan lain-lain.

Sebagai bahan pengulasan kali ini, saya menggunakan pompa injeksi dari mesin Yanmar 4TNV88. Selain untuk mesin traktor, mesin ini juga digunakan pada generator listrik atau biasa disebut genset. Meskipun terlihat kecil, tenaganya tidak bisa diremehkan mengingat mesin ini dibuat oleh pabrik dari negeri Sakura, Jepang.

Pengalaman panjang sebagai produsen traktor yakni sejak tahun 1966, pabrik yang mulai berdiri dari tahun 1912 dan resmi menggunakan nama Yanmar sebagai brand pada tahun 1921 ini sudah pasti tidak akan mengecewakan dalam mendesain sebuah produk demi kepuasan pelanggan.

Oke sob, kita kembali ke topik kita...
Pompa Injeksi Yanmar TNV series.

Ada keunikan tersendiri ketika pertama kali melihat dan memperhatikan pompa injeksinya, sekilas tidak berbeda dengan pompa injeksi pada umumnya. Dengan governor tipe RSV di bagian belakang mirip dengan governor yang biasa digunakan pada mesin genset/industri lainnya. Holder untuk delivery valve menghadap keatas, berarti tipenya adalah In Line... tapi EITTTTSSSS....

Bagian atas cukup membuat saya heran, kenapa bisa begitu???
Hampir saya terkecoh, karena ternyata holder tidak berkonfigurasi sebaris melainkan memutar alias rotary. Berarti tipenya adalah Distributor bukan Inline. Oke, untuk tipe injeksi sudah diketahui selanjutnya kita bongkar rotor headnya. Dan lagi-lagi... saya dibuat bingung oleh Yanmar. Kenapa lagi???

Terdapat 2 batang as yang bekerja bersamaan tetapi dengan pergerakan yang berbeda, bahkan cara kerja pengaturan debit minyak pun tidak seperti pada umumnya pompa injeksi distributor.
Perhatikan gambar dibawah ini.
1. Batang as pertama adalah Plunger, dengan bentuk yang sama persis dengan plunger yang terdapat pada pompa injeksi inline, lengkap dengan control sleeve, plunger spring, spring seat dan tappet. Bekerja naik  turun seperti plunger pada tipe Inline.

2. Batang as kedua berfungsi untuk mendistribusikan bahan bakar dari plunger menuju delivery valve dan injector. Bekerja dengan cara berputar, mendistribusikan melalui satu lobang ke 4 delivery valve secara bergantian, mirip dengan yang digunakan tipe distributor.

3. Control sleeve digerakkan oleh control rack yang diatur pergerakannya oleh governor mekanik tipe RSV, persis seperti pada pompa injeksi tipe Inline. Wow......!!!!

4. Bentuk pompa bahan bakar juga unik, karena menggunakan as / shaft yang memutar pompa dalam rumah khusus, menyerupai bentuk pompa oli. Bukan menggunakan bubungan noken as seperti pada pompa injeksi inline.

Jadi...
Pompa injeksi yang digunakan adalah tipe Distributor, yang menggabungkan mono-plunger (plunger tunggal) dengan as/poros distibutor dengan supplai bahan bakar dari pompa rotary. Plunger bergerak naik turun untuk mendorong bahan bahan bakar dengan tekanan tinggi dan kemudian disalurkan oleh as distibutor ke setiap silinder.

Untuk pembongkaran dan pemasangan rotor head (distributor head) cukup mudah dan menggunakan sedikit peralatan.

1. Kunci T 10mm
2. Kunci sok 12mm dan 14mm
3. Kunci L
4. Kunci 24

Pembongkaran

1. Gunakan kunci L untuk melepaskan 4 baut yang mengikat distibutor head pada rumah pompa injeksi. Angkat rotor head dari pompa injeksi.

2. Gunakan kunci sok 14mm untuk melepaskan DV holder dan plug distributor maupun plunger.

3. Gunakan kunci 24mm untuk melepas plug yang terbesar.

4. Gunakan kunci T 10mm untuk melepas rumah governor dan cover bagian belakang bawah (4baut)

Pemasangan

1. Pasang terlebih dahulu rumah governor, jangan dipasang terlebih dahulu cover dengan 4 baut 10mm (bawah)

2. Pasang rotor head yang sudah dirakit dengan mendorong terlebih dahulu lever yang terlihat pada jendela terbuka (sisi belakang bawah) agar control rack bisa menjangkau lengan (plat) penghubung pada governor.

3. Pasang semua baut L dan kencangkan.


untuk informasi secara visual bisa sobat saksikan video dibawah ini

Ini adalah penjelasan singkat mengenai pompa injeksi Yanmar TNV series yang bisa saya tuliskan pada artikel ini. Berikut dengan cara membongkar dan memasangnya secara cepat. Semoga bisa bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yanmar TNV series"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel INFEED

Iklan Bawah Artikel