loading...

Servis bospom pompa injeksi, kenapa dan kapan?

Sobat-sobat kendhou yang cakep dan smart, pada postingan kali ini saya tidak membahas secara spesifik mengenai bospom / pompa injeksi maupun injector / nosel dari mesin diesel tertentu tetapi lebih ke penjelasan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan perbaikan pompa injeksi maupun nosel. Itulah kenapa saya menggunakan kata "servis bospom pompa injeksi, kenapa dan kapan?" untuk artikel ini.

Saya masih sering menemui beberapa pelanggan, maupun sobat-sobat saya yang bertanya baik di blog ini, youtube maupun secara pribadi dengan chatting medsos maupun yang lain. Kapan kita harus memperbaiki atau memeriksakan keadaan pompa injeksi dan nosel mesin diesel kita? Serta beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk segera memeriksakannya...

Memang benar pada postingan-postingan sebelumnya saya lebih banyak mengulas tentang kerusakan-kerusakan yang terjadi pada pompa injeksi dan nosel, tetapi jika sobat mencermati maka sobat bisa menemukan bahwa ada beberapa postingan yang menyebutkan tentang gejala-gejala yang dapat muncul karena kerusakan-kerusakan tersebut.

Tapi untuk lebih mempermudah, saya akan mencoba memberikan tips-tips untuk mengetahui gejala-gejala tersebut. Sekaligus untuk membuat kita lebih bisa merawat mesin diesel kita (dari sisi pompa injeksi dan injector) agar performa mesin diesel bisa tetap terjaga dan pekerjaan pun tidak menjadi terganggu.

Kapan harus servis?

Kita lihat terlebih dahulu servis yang akan kita lakukan, jika untuk perawatan sebaiknya dilakukan secara berkala sebelum terlambat. Jika untuk melakukan perbaikan, sebaiknya jangan ditunda-tunda lagi karena akan sangat merugikan dampaknya.

Sebaiknya kita melakukan check up pada pompa injeksi setelah 1,5 - 2 tahun, jika medan yang dilalui banyak berdebu dan sering menggunakan bahan bakar yang meragukan kualitasnya bisa lebih cepat. Bisa dilakukan pembersihan pada "organ dalam" dan kalibrasi ulang pompa injeksi, serta mengganti beberapa part yang memang sudah kurang bagus.

Untuk Injector atau nosel sebaiknya setiap 0,5 - 1 tahun. Apalagi jika bahan bakar tercampur dengan air karena rentan terjadi kemacetan dan buntu. Perawatan dilakukan untuk menjaga agar nosel tetap dapat mengabutkan bahan bakar dengan baik serta mengatur agar tekanan nosel tetap pada ukuran yang seharusnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan???

Kenapa harus servis?

Banyak penyebabnya, dan beberapa diantaranya dapat dikenali ciri-cirinya melalui suara dan asapnya. Yang sobat perlukan adalah ketelitian untuk menemukannya, untuk awal-awal mungkin akan terasa sulit, tapi dengan dilatih dan ditambah kesabaran saya yakin sobat-sobat kendhou pasti bisa melakukannya dengan baik.

ASAP PUTIH

> Asap putih yang keluar saat pagi hari atau saat mesin dingin dan berubah menjadi hitam setelah beberapa menit atau mesin sudah panas, yang harus diperiksa adalah nosel atau injector dan pompa bahan bakar.

Nosel yang kurang bisa mengabutkan bahan bakar dengan sempurna maka akan mengakibatkan pembakaran di ruang bakar menjadi mentah saat mesin masih dingin. Hal inilah yang menghasilkan asap putih keluar dari knalpot saat mesin dingin atau pagi hari. Bisa juga karena tekanan nosel yang sudah terlampau rendah dari ukuran seharusnya.

Pompa bahan bakar juga bisa menjadi penyebab asap putih di pagi hari atau mesin berhenti cukup lama (dingin). Hal ini dikarenakan adanya kebocoran atau celah sehingga bahan bakar kembali turun ke tangki dan akhirnya bahan bakar didalam pompa injeksi berkurang atau kurang padat.

> Asap putih yang terus menerus disertai suara pincang dan tenaga berkurang. Hal ini terjadi karena adanya nosel yang sama sekali tidak mengabutkan bahan bakar atau biasa disebut dengan "ngencing" atau menetes. Kemungkinan terjadi kerusakan pada nosel seperti retak atau pecah, bisa juga disebabkan hilangnya tekanan pada nosel.

> Asap putih saat putaran tinggi diserttai mbrebet dan berat. Hal ini terjadi karena saluran bahan bakar yang terhambat atau tersumbat. Yang harus diperiksa adalah semua jalur bahan bakar serta saringan bahan bakar. Jika ada kotoran pada tangki maupun selang segera bersihkan, jika kotoran telah menunmpuk di saringan bahan bakar segera ganti dengan yang baru.

> Asap putih saat putaran tanggung hingga tinggi disertai mbrebet bahkan ada suara "batuk-batuk" dan tembakan pada knlapot. Bisa disebabkan karena timing pembakaran pompa injeksi yang kurang maju. Untuk beberapa pompa injeksi distributor disebabkan karena ada keausan pada Shaft Drive, Coupling dan Camplate. Pada pompa injeksi Inline dikarenakan camshaft yang sudah mulai aus pada bubungan / tonjolan noken.

> Asap putih yang terus menerus dan putaran mesin tidak bisa langsam atau idle. Biasa terjadi pada pompa injeksi inline dengan governor pneumatic, hal ini terjadi karena adanya kebocoran pada membran atau diaphragm governor, jika membran sudah retak atau bahkan berlobang segera ganti dengan yang baru.

PROSES START UP SUSAH

> Bila hanya diwaktu mesin dingin dan setelah mesin sudah panas menjadi mudah. Jawabannya seperti poin pertama diatas yaitu nosel dan pompa bahan bakar yang kurang bagus.

> Mesin susah hidup di semua keadaan baik dingin maupun panas. Kemungkinan besar adalah karena plunger (pompa injeksi inline) dan rotor head (PI distributor / VE) yang sudah lemah atau aus. Tetapi hal ini tidak selalu dialami oleh semua pompa injeksi inline, khususnya yang sudah menggunakan mesin direct injection.

MESIN MUDAH MATI

> Mesin mati pada putaran rendah atau langsam / idle. Sudah hampir bisa dipastikan hal ini terjadi karena plunger atau rotor head yang sudah lemah, semua pompa injeksi akan mengalami hal yang sama meskipun proses menghidupkan mesinnya mudah. Apalagi disaat kita harus berhenti atau mengerem secara mendadak.

> Mesin mati saat putaran tinggi dan setelah jarak tertentu, tetapi bisa berjalan lebih jauh jika menggunakan putaran rendah hingga sedang secara terus menerus. Hal ini dikarenan supplay bahan bakar yang tersumbat sehingga tidak dapat memasok pompa injeksi yang telah kosong karena digunakan pada saat putaran tinggi.

Saat mesin berputar dengan cepat (digas penuh) pompa injeksi menyuntikkan bahan bakar dengan volume yang banyak ke dalam ruang bakar mesin. Tetapi jalur bahan bakar tidak sanggup mensupplai sesuai kebutuhan pompa injeksi karena ada sumbatan, periksa semua jalur bahan bakar dari tangki hingga pompa injeksi.

> Mesin mati setelah beberapa saat dan harus dipompa ulang untuk dapat menghidupkan mesin. Periksa feed pump, khususnya pada pompa injeksi distributor / VE. Hal ini karena pompa tidak dapat mengisi pompa injeksi dengan bahan bakar.

LAIN-LAIN

> Mbrebet atau mesin bergetar saat berada pada putaran tanggung (asap normal). Yang paling sering menjadi penyebabnya adalah Plunger yang cacat maupun sudah aus. Bisa juga dikarenakan oleh Start Spring yang putus atau terlepas, untuk masalah start spring biasanya (sering kali) getaran masih terasa hingga putaran mesin mendekati putaran tinggi.

> Mesin tidak bisa dihidupkan. Periksa shut off selenoid (switch) dan tuas choke (tuas pembunuh), karena selenoid yang sudah rusak tidak dapat membuka jalur bahan bakar menuju rotor head, tuas choke juga bisa menjadi penyebab jika tidak bisa kembali saat dikontak.

Beberapa kasus dapat terjadi karena adanya kerusakan pada rotor head yakni patah pada plunger rotor head. Untuk pompa injeksi inline bisa disebabkan oleh plunger yang macet (pada posisi mati).

> Masuk angin, yaitu adanya angin palsu yang ikut masuk ke dalam bahan bakar di dalam pompa injeksi. Periksa semua jalur bahan bakar dari tangki hingga pompa. Beberapa kasus dikarenakan selang besi di dalam tangki keropos.

> Mesin berputar tinggi dan tidak bisa turun kembali (ngabur). Penyebabnya bisa karena plunger yang macet pada posisi membuka dan bisa karena governor yang gagal berfungsi. Untuk kasus putaran mesin yang lambat kembali ke posisi idle setelah digas adalah karena penyetelan yang kurang tepat.

> Suara nglatak yang muncul saat mesin digas, semakin tinggi putaran semakin keras suara yang dihasilkan dan menyerupai suara metal mesin yang rusak. Periksa noselnya, jika ada yang macet atau buntu segera ganti dengan yang baru.

> Putaran mesin (kecil hingga tinggi) normal saat transmisi mesin pada posisi netral, tetapi hilang tenaga dan susah mencapai putaran tinggi saat berjalan (ada beban). Periksa noselnya, ada kemungkinan terjadi kebuntuan pada beberapa nosel sekaligus.

Sepertinya hanya sampai disini yang dapat saya tuliskan pada artikel mengenai alasan-alasan dan kapan harus memeriksakan pompa injeksi serta injector ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi sobat-sobat sekalian. dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Servis bospom pompa injeksi, kenapa dan kapan?"

  1. Ayo yg belum bergabung maupun yg sudah bergabung siap2 untk
    mendapatkan angpau dari bolavita secara cuma2 sebesar 1.5 juta
    dengan syrat yg sangat muda hanya mendaftarkan diri anda dan bermain
    maka sudah bisa mendptkn angapu tersebut , Ayo tunggu apa lagi ^^

    info lbh lanjut :
    whatup : +628122222995
    BBM: BOLAVITA

    ReplyDelete
  2. Ingin Menjadi Jutawan Dalam Bermain Game Online, Inilah saat'a Anda Bergabung Bersama s1288 sabung ayam, Pendaftaran Gratis Dan Akan Di berikan Panduan Cara Memenangkan Game Online. Bolavita Juga Menyediakan Promo Bonus Setiap Deposit 10% Utk New Member, Adalagi gan yaitu Bonus CashBack 10% Setiap Minggu'a, Jangan Lupa Di Like Juga FB Bolavita guys, Cara'a Sangat Gampang gan BBM: BOLAVITA/ Wa: +628122222995/ Line: cs_bolavita Atau Kunjungi FB Bolavita Lalu Like Dan Share ya gan. thx ya gan ^_^

    ReplyDelete

  3. Ingin Bermain Bolavita Agen Casino online terbesar & terpercaya, Tapi Bingung Mencari Agen yang bisa di Percaya, Kini Hadir Bolavita Yang Telah Di Percayai Member Soal Pembayaran Dengan berapa Pun & Sangat Cepat, Cukup Melakukan Pendaftaran Anda Sdh Di pandu Untuk Cara Memenangkan Casino Online Indonesia, BBM: BOLAVITA/ Wa: +628122222995/ Line: cs_bolavita

    ReplyDelete
  4. ayo bergabung dengan Bolavita banyak bonus2 paling menarik
    dan tanpa ribet syarat cuma depo dan langsung di berikan
    Proses depo wd secepat kilat buktikan sendiri ^^

    info lebih lanjut:

    WA: +628122222995
    BBM: BOLAVITA(NEW)

    ReplyDelete
  5. Mohon pencerahannya mas, mobil panther 2.3 mogok, sebelum nya ada suara ngelatak mirip suara klep, mesin pincang setelah itu mati GK bs hidup.. bongkar nosel kalibrasi udah bagus, tes pasang di pompa posisi di balik biar kelihatan tembakan .. bagus tembakannya... Pasang LG msh GK bisa hidup... Kira kira pompa yg masalah, atau dari mesin ya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel